1.487 Lulusan Politeknik LP3I Jakarta Siap Kerja Dukung Program Pemerintah

Safari
1.487 Lulusan Politeknik LP3I Jakarta Siap Kerja Dukung Program Pemerintah

Jakarta, HanTer - Managing Director LP3I College, Dr.Aspizain Caniago S.Pd, M.Si mengatakan, LP3I College mendukung program pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang fokus pada peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui berbagai program pendidikan dan pelatihan vokasi. Tidak heran 92 persen lulusan LP3I akan dengan mudah diserap oleh berbagai perusahaan nasional dan asing.

"Kami sampaikan LP3I membuktikan mendukung program yang dilaksanakan pemerintah dengan pendidikan vokasi sebagai peningkatan kompetensi SDM," ujar Dr.Aspizain Caniago S.Pd, M.Si  di sela - sela acara wisuda 1.487 mahasiswa LP3I di Jakarta, Rabu (18/9/2019).

Dr.Aspizain menegaskan, lulusan LP3I bisa membuktikan untuk bersinergi link and match dengan dunia kerja. Keahlian lulusan LP3I juga sesuai dengan perkembangan dunia digital untuk mengikuti kebijakan pemerintah. Oleh karena itu LP3I menerapkan keahlian secara maksimal. Apalagi ada ribuan perusahaan nasional yang telah bekerjasama dengan LP3I. Sehingga lulusan LP3I bisa diterima di berbagai perusahaan besar.

"Ini sebagai bukti lulusan LP3I bisa terserap di dunia kerja," tandasnya.

Pembima LP3I Fahmi Idris mengatakan, LP3I memberi pengetahuan yang saat ini dibutuhkan oleh dunia industri. Satu di antara nya adalah terkait metode komputer untuk laporan keuangan. Dengan menguasai metode tersebut maka lulusan LP3I bisa bersaing dengan lulusan S1 dari perguruan tinggi lainnya. Artinya dengan motede tersebut LP3I dapat memberikan satu ilmu yang dibutuhkan oleh dunia industri.

"Bagi LP3I adalah memberikan ilmu atau pelajaran yang bermanfaat sesuai dengan  pertumbuhan, perkembangan dan kebutuhan masyarakat industri," jelasnya.

Sekretaris Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III Ristekdikti, Dr M Samsuri mengatakan, kebutuhan untuk SDM yang terampil telah meningkat 18 persen untuk lulusan Diploma dan S1.  Oleh karena itu pemerintah melalui perguruan tinggi - perguruan tinggi di seluruh Indonesia telah fokus untuk menyiapkan SDM yang terampil. Satu di antara program yang didorong adalah pendidikan vokasi.

"Politeknik LP3I merupakan salah satu dari perguruan tinggi atau pendidikan vokasi yang diharapkan betul-betul lulusannya itu menjadi lulusan yang terampil sehingga bisa berkontribusi untuk kebutuhan industri saat ini," ujarnya.

Dr M Samsuri menegaskan, saat ini dunia industri sangat membutuhkan bukan hanya keterampilan sesuai dengan kompetensinya tetapi juga keahlian lainnya atau soft skill (kecerdasan emosional). Oleh karena itu pendidikan vokasi sangat ditekankan untuk pendidikan tinggi agar bisa bermitra dengan dunia kerja sehingga proses pembelajaran tidak hanya di kampus tetapi juga bisa dilakukan di dunia industri.

"Kami mendukung program yang dilaksanakan di Politeknik LP3I Jakarta untuk pendidikan vokasi," tandasnya.

Wisuda 1.487 mahasiswa LP3I digelar selama dua hari Rabu dan Kamis (18-19/9/2019). Wisuda kali ini merupakan angkatan XX dengan tema "Vokasi solusi pasti untuk negeri". Seribu empat ratus delapan puluh tujuh lulusan yang terdiri dari Program Studi Administrasi Bisnis (D3) sebanyak 794 lulusan dengan gelar A.Md.AB.

Prgram Studi Komputerisasi Akuntasi (D3) sebanyak 362 lulusan dengan gelar A.Md.KA. Program Studi Manajemen Informatika (D3)
Sebanyak 318 lulusan dengan gelar A.Md.MI dam Program Studi Hubungan Masyarakat (D3) sebanyak 13 lulusan dengan gelar A.Md.HM

Peserta wisuda terdiri dari 15 Kampus Utama dan pengembangan yaitu : Politeknik LP3I Jakarta Kampus Kramat, Kampus Blok M, Kampus, Jakarta Utara, Kampus Jakarta Timur, Kampus Pondok Gede, Kampus Pondok Cabe, Kampus Pasar Minggu, Kampus Depok, Kampus Cileungsi, Kampus Bekasi, Kampus Cikarang, Kampus Cilodong Raya, Kampus Ciledug, Kampus Sudirman/Tangerang, Kampus Cimone/Tangerang.