Menkes Minta Dukungan Lintas Sektor Kurangi Ketergantungan Impor Bahan Baku Farmasi

Arbi
Menkes Minta Dukungan Lintas Sektor Kurangi Ketergantungan Impor Bahan Baku Farmasi

Jakarta, HanTer - Menteri Kesehatan (Menkes), Nila Moeloek meminta dukungan dari semua pihak untuk mendorong sektor industri kesehatan dalam negeri agar terwujud kemandirian farmasi dan alat kesehatan (alkes).

Menkes Nila memaparkan bahwa 72 persen industri farmasi merupakan perusahaan lokal tapi mayoritas bahan bakunya masih hasil impor. Begitu juga,kata dia, dengan industri alkes yang mengalami peningkatan. Namun, mayoritas alkes di rumah-rumah sakit masih didatangkan dari luar negeri.

"Ini yang harus kita ubah. Oleh karena itu saya perlu dukungan untuk kemandirian obat, alat kesehatan dalam negeri agar terwujud layanan kesehatan yang juga bermutu tentunya," katanya, dilansir dari Antara, Selasa (10/9/2019).

Untuk mencapai kemandirian farmasi dan alkes tersebut, Menkes menegaskan perlunya sinergi antarkementerian karena Kemenkes tidak dapat berjalan sendiri. "Karena itu diperlukan hilirisasi untuk memastikan bahwa segala inovasi yang dilakukan dalam sektor kesehatan bisa berkembang lebih jauh," katanya.

Menkes mengatakan sejauh ini Indonesia sudah berhasil mengembangkan berbagai inovasi kesehatan, meski teknologinya tidak secanggih beberapa negara maju. Namun, ke depannya industri kesehatan bisa dikembangkan dengan bantuan dari berbagai pihak, termasuk kementerian dan lembaga-lembaga terkait seperti Kementerian Perindustrian serta Kementerian Perdagangan. (Arbi)