Inilah 11 Paduan Suara Juara di Kompetisi Penabur International Choir Festival 2019

Anu
Inilah 11 Paduan Suara Juara di Kompetisi Penabur International Choir Festival 2019
Penabur International Choir Festival (PICF) 2019.

Jakarta, HanTer - Sebanyak 11 paduan suara keluar menjadi yang terbaik dari 152 paduan suara yang berkompetisi dalam Penabur International Choir Festival (PICF) 2019.

Untuk kategori Kindergarten, paduan suara Voice of Angels (Gading Serpong) menjadi juara pertama. Kategori Primary dijuarai oleh Delta Four Choir (SDK 4 Cipinang). Five’s Choir (SMPK 5 Cipinang) menjadi juara pertama kategori Junior. Dan untuk kategori Senior, Smansa Choir (SMA 1 Balikpapan) menjadi yang terbaik.

Sedangkan kategori lainnya, Gita Harmoni Choir (HKBP Kramat Jati) menjadi juara kategori children, kategori Mixed Youth Choir dijuarai PSM Teknik (Universitas Diponegoro), kategori Mixed Choir dijuarai oleh paduan suara Octava.

Kategori Folklore dijuarai oleh Cordillera Chamber Singers (Filipina). Untuk kategori Gospel dijuarai Steam of Life (Bandung). Kategori Musica Sacra dan Chamber masing-masing dijuarai oleh Voces Fidelis dan Vocel Fidelis. Dan juara umum Grand Prix PICF 2019 diraih oleh Voces Fidelis dari Jepang.

Artist Director PICF 2019, Aida Swenson Simanjuntak menyebutkan sistem penilaian dari 11 paduan suara yang menjadi juara terbagi menjadi 4 indikator yakni: Pertama, intonasi, apakah nadanya tepat atau tidak. Kedua, bunyi paduan suara, suara harus saling berpadu dengan harmoni.

''Ketiga, mengikuti partitur dengan benar maupun mendengarkan instruksi dari komposer. Terakhir, performance, bagaimana mereka membawakan lagu tersebut membuat pendengarnya tersentuh dan menjiwai lagu yang dibawakan,'' jelasnya.

Ketua BPK Penabur Jakarta, Antono Yuwono mengatakan, berharap kompetisi PICF di tahun-tahun berikutnya akan semakin meningkat kualitas nya dan lebih baik dalam penyelenggaraannya.

''Pagelaran PICF akan kembali dilaksanakan dua tahun mendatang yakni pada 2021 dengan jumlah peserta paduan suara dari berbagai negara lainnya dan perwakilan provinsi di Indonesia lebih representatif,'' ujar Antono di ruang konferensi pers PICF 2019, SPK Penabur Kelapa Gading, Sabtu (7/9/2019)..

Sementara, Thom T. Shelton salah satu juri internasional PICF 2019 dari Amerika serikat menyebutkan dirinya melihat dalam perhelatan PICF 2019 musik menjadi satu bahasa yang menyatukan setiap peserta meski berbeda negara, suku, agama, maupun etnisitas.

"Hal yang terindah dalam musik adalah menyatukan semua orang dari perbedaan. Itulah keindahan musik yang sangat universal. Dalam paduan suara ini dikolaborasikan dengan nilai-nilai adat masing daerah ini menjadi pengalaman yang sangat indah," kata Thom. 

PICF 2019 ini sendiri digelar 3-7 September di SPK Penabur Kelapa Gading, Kota Jakarta Utara.