Wirausaha Universitas Pancasila Siap Jadi Enterpreneur Muda Indonesia

Safari
Wirausaha Universitas Pancasila Siap Jadi Enterpreneur Muda Indonesia

Jakarta - Ketua Pusat Pengembangan Kewirausahaan dan Layanan Karir Mahasiswa (PPKLKM) Universitas Pancasila Ir. Petiana Indriati mengatakan, kerjasama antara pihaknya dengan Pengurus Pusat Keluarga Alumni Universitas Pancasila (PP KAUP) dan Sahabat UMKM DKI Jakarta, selaku mitra bisa mempercepat capaian para wirausaha muda asal kampusnya mensesejarkan diri dengan kelompok wirausaha muda Indonesia. 

“Moment ini kami merasa wirausaha Universitas Pancasila akan mengambil peran menjadi wirausaha muda Indonesia,” kata Petiana di sela acara penandatanganan MoU di Gedung Rektorat Universitas Pancasila, Jakarta, Rabu (10/7/2019). 

Pada kesempatan itu, Petiana juga membeberkan sejumlah prestasi yang berhasil diraih oleh mahasiswa kampusnya. “Kita dipercaya menyerahkan 18 proposal bisnis untuk mendapatkan hibah dari Kemenpora. Jumlah ini lebih besar dari yang diperoleh UI (Universitas Indonesia) yang hanya mendapat kuota sebanyak 12 proposal. Tahun ini ada sekitar 150 proposal bisnis yang diserahkan oleh 22 perguruan tinggi se-Jabodetabek. 

Prestasi lainnya, mahasiswa yang mendapatkan program magang di perusahaan BUMN jumlahnya juga meningkat. Jika sebelumnya mendapatkan jatah 12 BUMN, tahun ini mahasiswa Universitas Pancasila bisa magang di 33 BUMN. 

Bahkan mahasiswa jurusan Teknik Arsitek yang tengah menjalankan magang di PT Timah, masuk ke dalam tim inti pembangunan museum timah di Pangkal Pinang. Selain itu mahasiswa dari fakultas hukum yang magang di PT Timah juga diberikan kesempatan untuk menangani satu kasus bermasalah di PT Timah. 

Sedangkan, K. Rasyid dari Sahabat UMKM DKI Jakarta menambahkan kerjasama ini akan menjadi momentum agar target pemerintah Joko Widodo mewujudkan sebanyak 14% entrepreneurship muda bisa tercapai. 

“Kami ingin memunculkan para wirausaha yang handal dengan target minimal 100 pengusaha muda hingga akhir tahun ini. Kami optimis itu akan teruwujud. Semoga yang menjadi rencana dan wacana bisa tercapai. Kita bersinergi dan berkaloborasi sesuai motto Sahabat UMKM "Tumbuh dan Berkembang Bersama",” terang Rasyid.