Jadi Penjamin Ratih Sang TKW, Aldila Warganda Lakukan Bisa Kemanusiaan

romi syahril
Jadi Penjamin Ratih Sang TKW, Aldila Warganda Lakukan Bisa Kemanusiaan
AlidilaWarganda SH bersama Ratih dkk/ ist

Jakarta, HanTer – Ketika keinginan berbuat baik secara tulus, pasti ada saja tantangannya. Bahkan, tantangan tersebut berbuat kebaikan yang boleh dibilang tingkatnya cukup berat.

Itulah yang dilakukan Aldila Warganda SH dari Kantor Pengacara Satria Tarigan & Aldila Warganda Legal Consultan yang berhasil menjadi penjamin kepulangan seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) bernama Ratih yang sudah dua tahun nasibnya tak jelas di Dubai, Abu Dhabi.

“Jujur, awalnya kita Pandeglang untukmembantu korban tsunami beberapa waktu lalu. Nah, pas di sana ketemu seorang bapak (Usman) yang mengatakan anaknya meninggal terseret arus. Dan, dia juga bilang jika istrinya sudah lama tak bisa pulang dari Dubai karena kabur dari rumah majikan,” kata Aldila, di Grand Wijaya Center blok G3, Jakarta Selatan, Senin (20/5/2019) malam.

Penasaran dengan cerita Usman, akhirnya naluri Aldila tergerak untuk mengetahui lebih jauh terkait keberadaan Ratih, istrinya Usman. “Ini menjadi alasan kemanusiaan yang harus kita tolong semaksimal mungkin. Tak melulu urusan seperti ini mengandalkan pemerintah,” ungkapnya.

Selama ini, kata Aldila, Ratih merupakan TKW  yang berasal dari sebuah desa di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten yang sudah dua tahun lari dari majikannya di Dubai akibat tidak pernah menerima gaji selama bekerja.

“Ratih lari dari majikannya, semua dokumen Ratih sebagai TKW termasuk paspor tertinggal hingga ia kesulitan untuk pulang ke tanah air dan selama dua tahun terlunta lunta tanpa perlindungan di negeri orang,” terangnya.

Rupanya,untuk membebaskan Ratih dari permasalahannya tak semudah yang dibayangkan. Berbagai kendala dirasakan oleh Aldila dan timnya.

“Terus terang saja,jalannya cukup berliku untuk bisa memulangkan Ratih. Alhamdulillah, lawyer muda kami yang bernama Rheno (25) cukup gigih untuk mengurusnya hingga Ratih bisa mendarat kembali ke Indonesia dan bertemu dengan suaminya,” tuturnya.

Sedangkan, selama kabur dari rumah majikan, Ratih mengaku tinggal di tempat temannya. “Selama di rumah teman, saya membantu mengurusi anaknya. Sambil itu saya juga sesekali kerja part timer agar bisa makan. Dan jujur saya kapok balik lagi ke dubai. Saya mau kerja di sini aja. Saya juga sangat berterimakasih kepada ibu Aldila dan bapak Rheno,” tambahnya.

#Ratih   #Penjamin   #Aldila   #TKW