Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas di Kuala Lumpur

Akbar/Antara
Mahasiswa Unimed Raih Medali Emas di Kuala Lumpur
Foto: Antara

Medan, HanTer - Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Medan (Unimed) menorehkan prestasi dengan meraih medali emas dan medali perunggu pada ajang internasional World Young Invention Exhibition Tahun 2019 di Kuala Lumpur, 2 hingga 4 Mei 2019.

Rektor Unimed Prof Dr Syawal Gultom, MPd di Medan, Senin, mengaku bangga dan sangat bahagia atas prestasi yang diraih mahasiswa Fakultas FMIPA Unimed ini.

Ajang World Young Invention Exhibition (WYIE), menurut dia merupakan kompetisi bergengsi internasional yang rutin digelar setiap tahunnya. "Alhamdulilah mahasiswa Unimed selalu mendapat juara. Ini membuktikan bahwa kualitas mahasiswa Unimed unggul dan berdaya saing," ujarnya.

Syawal mengucapkan selamat kepada delegasi mahasiswa Unimed yang berhasil mengharumkan nama Unimed di kancah internasional. "Semoga hal itu, menjadi motivasi dan contoh bagi mahasiswa lainnya," katanya.

Dekan FMIPA Unimed Dr Martina Restuati, M.Si mengapresiasi prestasi yang diraih tersebut dan terus berkomitmen untuk mendorong mahasiswa mengikuti ajang-ajang kompetisi seperti ini, sehingga dapat menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi mahasiswa.

Kemenangan Unimed di luar negeri, menurut dia semakin membawa harum nama FMIPA Unimed di dunia internasional. "Prestasi seperti itu, akan mewujudkan Unimed sebagai World Class University," kata Martina.

WYIE Tahun 2019 merupakan salah satu event/kompetisi yang bersamaan diadakan dengan International Invention, Innovation and Technology Exhibition (ITEX).WYIE yang merupakan kompetisi inovasi/penemuan yang mempunyai tujuan untuk mempromosikan semangat kreativitas dan hasil penemuan para penemu muda.

WYIE kompetisi tahun ini, diikuti oleh ratusan penemu muda dari berbagai sekolah, perguruan tinggi dan lembaga penelitian dari Indonesia, Malaysia, Hongkong, Taiwan, China, Qatar, Arab Saudi dan Eropa.

Perwakilan mahasiswa FMIPA Unimed yang meraih medali emas yakni Daulat Purba, Desmon Armando Silitonga, Jeksen Kristian Sinaga, Nanda Sri Cahaya, Nurhadi Syahputra Pohan, Michael Jordan Siringo-ringo, Elvi Sayani, dan Muhammad Poso Nasution.

Perwakilan Mahasiswa FMIPA Unimed yang berkoloborasi dengan mahasiswa FBS meraih medali perunggu, yakni Ain Amalisa Sitorus, Dicky Mahaputra, Ebid, Elly Stivani, Lisa Nur Jannah, Mely Elizabeth Margaretha Situmorang, Monika Agustina, Muhammad Al Faraby, dan Sarah Rapma Sitanggang.