5 Dosen UBSI Beri Pelatihan Remaja Kampung Cerdas Soal Penulisan dan Reportase Berita

safari
5 Dosen UBSI Beri Pelatihan Remaja Kampung Cerdas Soal Penulisan dan Reportase Berita
Dosen UBSI lakukan pengabdian masyarakat di Kampung Cerdas/ ist

Depok, HanTer – Melek berita, itulah dua kata yang pas bagi masyarakat Indonesia saat ini. Maklum, di tengah maraknya berita yang berseliweran di media sosial membuat kita harus paham dan mengerti cara kerja media meliput dan mengemas berita. 

Mulai dari cara memperoleh berita, menulis, mengedit hingga menyajikan berita yang layak untuk diinformasikan kepada masyarakat. Nah, ini menjadi tugas seorang jurnalis supaya berita yang disajikan enak untuk dibaca dan dimengerti publik.

Nah, beranjak dari itu sebanyak enam dosen yang berada di Program Study Penyiaraan, Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI Jakarta melakukan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertema Pelatihan Teknik Penulisan Berita dan Reportase Langsung Sebagai Citizen Journalism Bagi Remaja Kampung Cerdas, di kawasan Depok Jawa Barat, Sabtu (30/3/2019). 

“Bagi kami, selain bisa memberikan sumbangsih berupa ilmu jurnalistik sekaligus ini sabagai pengabdian masyarakat sebagai wujud Tri Dharma sebagai dosen. Ini juga menjadi ladang amal bisa memberikan ilmu yang bermanfaat,” kata ketua panitia Pengabdian Masyarakat, Romi Syahril, S.Sos MM, sekaligus mewakili keempat dosen lain.

Menurut Romi Syahril, pengabdian masyarakat merupakan kegiatan rutin yang harus dilakukan dosen dalam memenuhi kewajiban fungsi Tri Dharma sesuai dengan aturan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. UU tersebut menyatakan Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. 

Kegiatan yang dihadiri belasan peserta ini dipandu seorang Tutur handal dari JakTV sekaligus dosen UBSI, Azhar Hutomo, S.Sos M.Si yang membuat para peserta begitu sangat antusias dan menikmatinya.

“Dengan penyajian materi ini diharapkan muncul jurnalis berbakat yang bisa berkontribusi di media massa di masa mendatang. Intinya, saya melihat mereka begitu respek terhadap cara kerja seorang jurnalis dalam emlakukan kegiatan repostase,” kata Azhar.

Sedangkan, Pimpinan Kampung Cerdas, Renaldides mengaku puas dengan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut. 
“Saya berharap kerjasama dengan dosen UBSI bisa terus berlanjut dengan berbagi ilmu dan pengalaman terhadap disiplin ilmu masing-masing. Dan kali ini mengenai penulisan dan reportase langsung,” katanya. 

Kelima dosen yang terlibat dalam pengabdian masyarakat tersebut adalah Romi Syahril S.Sos. MM, Robbikal Muntaha Meliala, S.Sos. M.I.Kom, Azhar Hutomo, S.Sos MSi, Marlina Rahmi Shinta P. SE. MM dan Drs Priatna M.Si. MM. 

Selain kelima dosen, turut andil dalam kegiatan tersebut dua mahasiswi cantik semester 4 UBSI Cileduk, yakni Annisa Qurrotu Aini dan Widya Rizky Amara.

#Dosen   #UBSI   #Kampung   #Cerdas   #Penulisan   #Berita