Peserta JNR Berharap ada Parkiran Sepeda di LRT

Anu
Peserta JNR Berharap ada Parkiran Sepeda di LRT
Pesepeda Jakarta Night Ride berkumpul di Jakarta International Velodrome (JIV) Jakarta Timur mendapatkan sosialisasi mengenai keberadaan moda transportasi umum LRT Jakarta dan menyampaikan harapannya bagi pesepeda di ibukota, Jumat (15/2) malam.

Jakarta, HanTer- Akhir Februari mendatang Operasionalisasi LRT Jakarta Fase 1 Kelapa Gading-Velodrome direncanakan akan dilangsungkan, Sejumlah harapan ditaruh oleh para penggiat sepeda agar LRT nantinya ramah bagi pesepeda.

Salah satunya harapan datang dari para pesepeda Jakarta Night Ride (JNR) yang setiap Jumat malam berkumpul di pelataran outdoor Jakarta International Velodrome (JIV) bersebelahan dengan Stasiun LRT Velodrome.

"Harapan saya jika LRT ini mulai beroprasi, supaya di siapkan juga parkiran sepeda yang aman dan juga nyaman, agar kami para pesepeda dapat dengan tenang memarkirkan sepeda." ujar Yudi warga Pademangan Jakarta Utara.

Ia berharap nantinya LRT Jakarta bisa ramah bagi pesepeda serta pejalan kaki sehingga mendorong masyarakat yang tadinya menggunakan mobil atau sepeda motor pribadi beralih menggunakan LRT.

Iqbal, warga Lubang Buaya Jakarta Timur sudah tidak sabar untuk menggunakan LRT sebagai transportasi umum untuk menghindari kemacetan yang selama ini masih dialami bus Transjakarta.

"Harapannya ya lebih tepat waktu dan minim gangguan teknis seperti KRL. Saya bangga sebagai warga Jakarta bisa merasakan dan memiliki transportasi umum yang aman, nyaman, dan cepat seperti LRT & MRT," kata Iqbal.

Dikatakannya sebaiknya di setiap stasiun pemberhentian disiapkan fasilitas penyewaan sepeda umum berbasis aplikasi sehingga mempermudah masyarakat pengguna LRT untuk berpergian jarak dekat ke lokasi tujuan kantor ataupun tempat lainnya.

Yudi (39) warga Pademangan yang sudah 7 kali mengikuti JNR menyebutkan harapannya agar para pesepeda di ibukota Jakarta semakin lebih banyak jumlahnya sehingga bisa mengurangi polusi dan kemacetan.

"LRT Jakarta semoga bisa terintegrasi dan ramah bagi pesepeda. Perlu juga di area sekitar jalur LRT dibarengi dengan pedestarian (trotoar) ramah pejalan kaki dan pesepeda," kata Yudi yang rutin bersepeda di Car Free Day di Sudirman-Thamrin bersama 6 anggota keluarganya.