Inilah Pentingnya Bijak dalam Penggunaan Media Sosial 

romi
Inilah Pentingnya Bijak dalam Penggunaan Media Sosial 
Dosen UBSI Jakarta usai Pengabdian Masyarakat/ ist

Jakarta, HanTer - Sejauh ini menurut penelitian yang dilakukan We Are Social bekerja sama dengan Hootsuite, pada tahun 2018  dari total populasi Indonesia sebanyak 265,4 juta jiwa, pengguna aktif media sosialnya mencapai 130 juta dengan penetrasi 49 persen. Ini merupakan angka yang tinggi sehingga bila tidak bisa menggunakannya dengan baik dan bijak bukan mafaat yang didapatkan malah kerugian yang akan ditimbulkan. 

Demikian disampaikan Ketua Pelaksana Pengabdian Masyarakat Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas Bina Sarana Informasi AKOM) Bina Sarana Informatika Jakarta Program Studi Hubungan Masyarakat,  Maya May Syarah, S.Sos MSi pada Penyuluhan “Bijak dalam menggunakan Media Sosial” bagi anak-anak dan remaja dari Yayasan Media Amal Islam (MAI) Lebak Bulus, Jakarta Selatan akhir 2018 lalu di kampus Universitas BSI Fatmawati, Jakarta Selatan. 

“Adanya penyuluhan ini dapat memberi pemahaman dan pembelajaran bagaimana menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, terutama bagi anak-anak dan remaja. Sehingga pengguna media sosial bisa aman dan mendapat manfaatnya. Jangan sampai aktif pakai medsos malah nanti melanggar UU,” papar dosen komunikasi ini, Jumat (1/2/2019).
    
Kegiatan pengabdian masyarakat yang diikuti oleh 16 peserta ini merupakan rangkaian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus diselenggarakan oleh setiap civitas akademika. “Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dliakukan civitas akademika karena tercantum dalam Tri dharma Perguruan Tinggi. Yakni Pengajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat,” jelas Kepala Cabang BSI Ahmad Baroqah. 

Menurutnya, meski ini merupakan kegiatan wajib namun Universitas BSI tetap mengkedepankan manfaat dari setiap kegiatan pengabdian masyarakat. “Sehingga kegiatan disesuaikan dengan apa yang sedang dibutuhkan masyarakat. Gak asal-asalan menyelenggarakan PM," ujar pria yang biasa dipangil Oka.

Oka pun berharap kegiatan semacam ini bisa diprogramkan kembali sehingga keberadaan lembaga pendidikan seperti  Universitas BSI bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar. 
Pelaksanaan  kegiatan dimulai sejak  pukul  07.30 dengan hadirnya panitia untuk mempersiapkan pelaksanaan kegiatan. selanjutnya satu per satu peserta pengabdian masyarakat hadir dan berkumpul di lokasi yang sudah disediakan. Tepat pukul 08.00 acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Kampus Universitas BSI Fatmawati, Ahmad Baroqah dilanjutkan dengan sambutan dari ketua pelaksana Maya May Syarah. 

Materi mengenai bijak dalam menggunakan media sosial disampaikan oleh tim tutor antara lain  tutor I yakni Rety Palupi yang menyampaikan mengenai apa itu media sosial, viral dan etika dalam menggunakan media sosial. Selanjutnya adalah materi mengenai media sosial sebagai media bisnis untuk mendapatangkan uang yang disapaikan oleh tutor II Muherni. Peserta tidak hanya diberikan materi tapi juga diberikan contoh dan diajak berinteraksi dengan tim tutor dari Fakultas Komunikasi dan Bahasa Universitas BSI. 

Sementara itu perwakilan dari Yayasan  MAI, Ahmad Baihaqi  mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyartakat  khususnya anak-anak dan remaja yang tergabung dalam yayasan yang bergerak dalam bidang pendidikan non formil tersebut. Sebab itu begitu pihak Yayasan MAI diundang untuk ikut sebagai peserta penyuluhan pihaknya sangat senang. “Terima kasih keada Universitas BSI, kegiatan yang sangat bermafaat, semoga selanjutnya tetap diadakan kegiatan-kegiatan seperti ini,” harapnya.


 


 

#Bijak   #Penggunaan   #Media   #Sosial