Renovasi Rumah, Jangan Lupa Daftarkan Tukang ke Perlindungan Jamsostek

- Rabu, 30 November 2022 | 19:50 WIB
Ilustrasi tukang atau buruh bangunan.
Ilustrasi tukang atau buruh bangunan.

HARIANTERBIT.com - Pemilik rumah kerap kali menggunakan jasa tukang atau pekerja bangunan harian untuk urusan renovasi. Sedangkan profesi tukang pada dasarnya adalah profesi yang memiliki risiko tinggi.

”Untuk itu kami selalu sarankan agar pemilik rumah yang melakukan renovasi agar mendaftarkan dulu tukang atau kenek pekerja bangunan sebelum mulai pekerjaannya ke program Jamsostek (Jaminan Sosial Ketenagakerjaan),” kata Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun Aland Lucy Patitty, Rabu (30/11/2022).

Menurut Lucy, pemilik rumah dapat mendaftarkan para pekerja bangunan di rumahnya ke kelompok mandiri atau bukan penerima upah (BPU). Minimal tukang terdaftar dalam dua perlindungan dasar, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Baca Juga: Lima Risiko Global Ini Berpotensi Pengaruhi Ekonomi Indonesia

”Dua program itu iurannya murah, hanya Rp16.800 per bulan. Jika kira-kira pekerjaannya lama bisa didaftarkan tiga, enam, atau satu tahun sekaligus,” ujar Lucy.

Menurut Lucy, semua orang tidak pernah mengharapkan musibah kecelakaan kerja. Tetapi faktanya, kecelakaan kerja dapat menimpa siapa pun dan kapan pun tanpa pandang bulu. ”Termasuk tukang pekerja bangunan yang tidak sekali atau dua kali tapi sering kali terjadi kasus kecelakaan kerja, entah itu jatuh atau tertimpa material bangunan saat bekerja,” kata Lucy.

Jika sudah terdaftar peserta program Jamsostek, maka pemilik rumah yang mempekerjakan tukang atau pekerja bangunan akan terbebas dari tanggungan pemulihan biaya kecelakaan kerja itu.

”Dengan Rp16.800 tadi, semua biaya pemulihan kecelakaan kerja akan ditanggung oleh BPJAMSOSTEK sesuai kebutuhan medis sampai pekerja sembuh dan kembali bekerja,” kata Lucy.

Baca Juga: Jokowi Instruksikan Banding Putusan WTO Soal Larangan Ekspor Nikel

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Kelebihan Wireless Charger dengan Magnetic Cooler

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:54 WIB

STIE Indonesia Jakarta Selenggarakan Wisuda ke 50

Minggu, 22 Januari 2023 | 16:50 WIB

Gong Xi Fa Cai 2023

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:58 WIB
X