Hadapi Perubahan Iklan, Diperlukan Adaptasi dan Mitigasi

- Rabu, 30 November 2022 | 11:08 WIB
Solusi hadapi perubahan iklim
Solusi hadapi perubahan iklim


HARIANTERBIT.com – Sejauh ini isu lingkungan menjadi pembahasan yang sangat strategis karena dapat mengakibatkan perubahan iklim yang dapat menimbulkan risiko besar terutama pada aspek kesehatan, pangan dan pembangunan ekonomi.

Guna mendukung program pemerintah serta menciptakan lingkungan yang sadar terhadap perubahan iklim, banyak cara dilakukan banyak pihak. Salah satunya Program Kampung Iklim (ProKlim) di area sekitar kawasan produksi Peruri tepatnya di Perumahan Griya Indah, Desa Parungmulya, Kabupaten Karawang.Baca Juga: Ubah BAP soal Sarung Tangan, Ricky dan Kuat Sudutkan Bharada E

ProKlim menerapkan konsep pemberdayaan masyarakat (Community Based Development), yang bertujuan mendorong warga untuk mengelola sumber daya manusia maupun sumber daya alam di area tersebut untuk memperkuat upaya adaptasi dan mitigasi terhadap dampak perubahan iklim.

Ide yang digagas Peruru ini diharapkan akan menjadi sebuah kebiasaan yang dilakukan sehari-hari oleh masyarakat, sehingga dapat dikatakan masyarakat tersebut sudah memiliki ketahanan (resiliensi) terhadap perubahan iklim.

“Kami sadar bahwa semua akan berjalan dengan baik apabila terjadi keseimbangan hubungan antara perusahaan, lingkungan dan masyarakat. Ke depannya, kami berencana menambah ProKlim di berbagai wilayah yang akan disesuaikan dengan kondisi wilayahnya masing-masing,” kata Ratih Sukma Pratiwi, Kepala Biro Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Peruri, seperti keterangan tertulis, Selasa (29/11/2022).Baca Juga: Pentingnya Ilmu Beladiri, Olahraga MMA Mulai Dilirik Kaum Perempuan

Ditambahkannya, salah satu bentuk konkret tersebut dengan cara melakukan sosialisasi, pembersihan lahan, pembuatan keranjang sampah, penanaman pohon, pembuatan media tanam yang nantinya ke depan akan dilaksanakan secara mandiri oleh warga di perumahan tersebut untuk membangun pelestarian lingkungan yang berkelanjutan.

 

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Kelebihan Wireless Charger dengan Magnetic Cooler

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:54 WIB

STIE Indonesia Jakarta Selenggarakan Wisuda ke 50

Minggu, 22 Januari 2023 | 16:50 WIB

Gong Xi Fa Cai 2023

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:58 WIB
X