Dosen UBL Latih UMKM Lebak Taklukkan Covid

- Selasa, 29 November 2022 | 16:00 WIB
Dosen Universitas Buri Luhur (UBL) memberi pelatihan manfaat marketplace dan  media sosial kepada UMKM di Kampung Babakan, Giri Mukti, Cimarga, Lebak.  (Foto: UBL)
Dosen Universitas Buri Luhur (UBL) memberi pelatihan manfaat marketplace dan media sosial kepada UMKM di Kampung Babakan, Giri Mukti, Cimarga, Lebak. (Foto: UBL)

HARIANTERBIT.com - Dosen Universitas Budi Luhur (UBL) Jakarta memberi pelatihan pemanfaatan media sosial dan marketplace kepada pelaku Usaha Mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Kampung Babakan, Giri Mukti, Cimarga, Lebak Banten.

Kegiatan sejumlah dosen lintas prodi itu dalam rangka Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) pada 16 Juli 2022, diikuti puluhan peserta. Mereka terdiri dari pegawai UMKM, pemilik produksi keripik singkong, pisang, ubi dan hasil perkebunan lain.

Hal-hal yang diajarkan diantaranya membuat akun media sosial, akun marketplace, teknik foto produk standar dan cara uplod ke media sosial maupun marketplace.

Baca Juga: Eks Kasat Reskrim Jaksel ke Ferdy Sambo: Kenapa Kami Harus Dikorbankan?

"Kami juga melatih teknik pengemasan, label dan kewirausahaan dari produk," kata Ketua PKM Anwar Rifai.

Pelatihan juga dilakukan dengan praktik langsung menggunakan alat yang ada, misalnya membuat photo produk untuk uplod ke media sosial. Selain itu juga membuat deskripsi produk.

Baca Juga: Satu Keluarga di Magelang Tewas Diduga Karena Racun, Polisi Masih Terus Lakukan Penyelidikan

"Semua peserta sudah bisa memasarkan produk melalui medsos tinggal membiasakan saja," ujar Tri Ika Jaya Kusumawati yang diamnini Triana Anggraini, dosen yang merupakan Tim PKM.

Peserta antusias dengan upaya yang dilakukan UBL. “Kalau pelatihan sebelum pandemi, pandemi pun usaha bisa bertahan dan stabil karena tetap bisa jualan secara online," kata Nawiyah satu peserta usai kegiatan.****

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kelebihan Wireless Charger dengan Magnetic Cooler

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:54 WIB

STIE Indonesia Jakarta Selenggarakan Wisuda ke 50

Minggu, 22 Januari 2023 | 16:50 WIB

Gong Xi Fa Cai 2023

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:58 WIB
X