Upaya Liberalisasi dan Kapitalisasi Kesehatan Lewat RUU Omnibus Law Kesehatan

- Selasa, 29 November 2022 | 09:27 WIB
Omnibus Law
Omnibus Law

HARIANTERBIT.com - Ketua Ikatan Dokter Indonesia) (IDI) Wilayah Sulteng, dr Muhammad Akbar M.Kes, menyerukan agar RUU (Rancangan Undang-Undang) Kesehatan Omnibus Law dikeluarkan dari program legislasi na-sional (Prolegnas) 2022 DPR RI.

Selain tidak transparan dan akuntabel, RUU tersebut dituding menjadi upaya liberalisasi dan kapitalisasi sektor kesehatan di Indonesia. RUU kitu sendiri merupakan penggabungan sembilan UU yang terkait kesehatan menjadi satu undang-undang melalui wadah Omnibus Law dengan rancangan 455 Pasal.

“Usulan Rancangan Undang-Undang Kesehatan Omnibus Law yang sedang bergulir kami nilai tidak transparan dan tidak akuntabel,” ucap Akbar, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: BKKBN Edukasi Filipina Atasi Kasus Stunting

Akbar mengungkapkan, pada Senin (28/11), sejumlah organisasi kesehatan menggelar aksi damai serentak secara nasional diikuti Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI) dan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) di wilayah Sulteng.

Selanjutnya, Akbar bersama rekan sejawat IDI melakukan dialog bersama Ketua Komisi IV DPRD Sulteng, Dr Alimuddin Pa’ada dan jajaran di ruang sidang utama DPRD Sulteng.

“Aspirasi ini kami harap bisa diteruskan DPRD Sulteng melalui pak Ketua Komisi IV ke DPR RI,” te-gas Akbar, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/11/2022).

Dalam tuntunannya, organisasi profesi Kesehatan mendesak pimpinan DPR RI untuk mengeluarkan dari prolegnas prioritas. Menolak liberalisasi dan kapitalisasi Kesehatan. Menolak pelemahan profesi kesehatan dan penghilangan peran-peran organisasi profesi yang selama ini telah berbakti kepada negara.

Baca Juga: Pemerkosaan di KemenkopUKM: 2 ASN Resmi Dipecat, Satu Lainnya Turun Jabatan

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Kelebihan Wireless Charger dengan Magnetic Cooler

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:54 WIB

STIE Indonesia Jakarta Selenggarakan Wisuda ke 50

Minggu, 22 Januari 2023 | 16:50 WIB

Gong Xi Fa Cai 2023

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:58 WIB
X