BKKBN Edukasi Filipina Atasi Kasus Stunting

- Selasa, 29 November 2022 | 09:10 WIB
Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN M. Rizal M Damanik.
Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN M. Rizal M Damanik.

HARIANTERBIT.com - Indonesia menjadi perhatian dunia lantaran dinilai berhasil dalam membangun program kependudukan dan Keluarga Berencana (KB). Hal ini membuat banyak negara ingin belajar dari Indonesia mengenai kiat sukses tersebut. Salah satunya, Filipina.

Berkaitan dengan hal ini, BKKN berkolaborasi dengan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) dan United Nations Fund for Population Activities (UNFPA) menggelar Knowledge Sharing on Reproductive Health, Family Welfare, Gender Mainstreaming, and Stunting Reduction for Bangsamoro Autonomous Region in Muslim Mindanao (BARMM).

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa (29/11/2022), kegiatan ini merupakan forum bertukar pengalaman di bawah kerangka South-South and Tringular Cooperation (SSTC) yang terkait pengetahuan mengenai kesehatan reproduktif, kesejahteraan keluarga, pengarusutamaan gender, dan penurunan Stunting untuk BARMM Philipina.

Baca Juga: Wales vs Inggris, Derby Panas Britania Raya

Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan BKKBN M. Rizal M Damanik menjelaskan, pembagian pengetahuan ini dirancang dengan mengadaptasi pelatihan global tentang mengembangkan kemitraan strategis dengan pemimpin agama Muslim dalam perencanaan keluarga.

Pertama, kata Rizal, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para peserta tentang perspektif Islam dalam kesehatan reproduktif, kesejahteraan keluarga, yang mencakup kekerasan berbasis gender, pernikahan anak, dan pengurangan kehamilan.

“Kedua, meningkatkan pemahaman peserta tentang peranan Muslim Religious Leaders (MRLs) dan _Faith-Based Organizations (FBOs), dan ketiga menyebarluaskan nilai-nilai Islam dan ajaran-ajarannya pada seminar-seminar,” kata Rizal, mewakili Kepala BKKBN Hasto Wardoyo Sp.OG (K).

Rizal berharap UNFPA Filipina bisa melihat program Indonesia yang berbeda untuk diambil yang terbaik dalam kapasitas kepentingan program negara Filipina.

Sementara itu Country Representative Indonesia at UNFPA Anjali Sen yang hadir secara daring menyampaikan, kegiatan ini membahas tentang isu-isu tematik dari perspektif Islam.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Kelebihan Wireless Charger dengan Magnetic Cooler

Kamis, 26 Januari 2023 | 18:54 WIB

STIE Indonesia Jakarta Selenggarakan Wisuda ke 50

Minggu, 22 Januari 2023 | 16:50 WIB

Gong Xi Fa Cai 2023

Minggu, 22 Januari 2023 | 11:58 WIB
X