• Jumat, 9 Desember 2022

MPASI Bergizi Tepat Bantu Anak Cegah Stunting

- Jumat, 25 November 2022 | 13:40 WIB
Ilustrasi bayi.
Ilustrasi bayi.

HARIANTERBIT.com — Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI) bergizi kepada bayi berusia enam bulan menjadi salah satu upaya mencegah bayi tumbuh stunting atau gagal tumbuh dan berkembang.

Dalam hal ini, makanan seimbang sangat dibutuhkan untuk bayi dalam pemberian MPASI.

Direktur Bina Keluarga Balita dan Anak Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Irma Ardiana mengatakan, agar perkembangan bayi tumbuh pesat sesuai dengan harapan maka salah satunya bisa di pastikan adalah pemenuhan gizi melalui MPASI setelah ASI Eksklusif.

Baca Juga: Klasemen Sementara Piala Dunia 2022: Arab Saudi di Puncak, Argentina Nomor Buncit

“Para orangtua sebaiknya harus mempelajari bagaimana memberikan MPASI, mengolah makanannya, dan bagaimana keberagaman itu bisa diberikan dengan pangan-pangan lokal yang sudah ada,” kata Irma dikutip dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/11/2022).

Senada dengan Irma, Anggota Komisi IX DPR RI, Kurniasih Mufidayanti mengatakan MPASI menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi perkembangan bayi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“Karena periode ini menjadi periode yang penting untuk pembentukan organ metabolik, perkembangan kognitif, pertumbuhan fisik, kematangan sistem imun, ini semua penting terjadi di 1000 HPK.” Kata Kurniasih.

Baca Juga: DPR Singgung Penurunan Stunting Masih Jauh dari Target

Kurniasih menjelaskan, MPASI merupakan satu hal yang sangat penting untuk dipahami bahwa ASI dan MPASI menjadi variabel yang sangat berpengaruh terhadap penanganan stunting.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X