• Jumat, 9 Desember 2022

MRI 1,5 Tesla, Alat Diagnostik Medis Bebas Radiasi

- Rabu, 23 November 2022 | 21:34 WIB

HARIANTERBIT.com - Teknologi kesehatan berkembang dengan sangat cepat, seiring dengan tingginya kebutuhan dan tuntutan akan layanan kesehatan yang optimal.

Seperti halnya pada pemindai Magnetic Resonance Imaging (MRI), sebagai alat diagnostik medis yang mampu menghasilkan gambaran organ tubuh dan jaringan lunak, sebagai deteksi kelainan dalam tubuh dengan hasil sempurna tanpa risiko radiasi.

Saat ini, sudah muncul MRI versi 1,5 tesla yang merupakan alat diagnostik imaging mutakhir guna deteksi penyakit dan evaluasi terapi yang memiliki kekuatan 1,5 Tesla.

Baca Juga: 4 Prajurit TNI AU Tersangka Penganiayaan Prada Indra Wijaya Ditahan

“MRI 1,5 Tesla merupakan alat diagnostik mutakhir yang dapat digunakan untuk deteksi dan evaluasi, serta dapat digunakan untuk deteksi dini kelainan pada seluruh jaringan tubuh," ungkap dr. Edwin Hasiholan Pandjaitan, Sp.Rad (K) Abd. selaku dokter spesialis radiologi Siloam Hospitals Palangka Raya, Rabu (23/11/2022).

Edwin memaparkan, MRI sangat baik untuk mendeteksi kelainan pada jaringan lunak seperti otak, saraf tulang belakang, payudara, sendi, juga organ dalam tubuh lainnya seperti hati, ginjal, rahim, atau prostat. B

Bahkan, sambung Edwin, pemeriksaan dengan alat tersebut lebih aman karena bebas radiasi, serta menghasilkan gambaran struktur dan organ dalam tubuh yang lebih jelas dan detail dibandingkan rontgen, USG, atau CT scan.

Baca Juga: Kasus Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Periksa Pejabat BPOM

MRI 1,5 Tesla ini telah menjadi bagian dari layanan di Siloam Hospitals Palangka Raya, Kalimantan Tengah. Direktur Siloam Hospitals Palangka Raya dr. Kevin Chrisanta Budiyatno, MARS., meresmikan langsung pengoperasian layanan tersebut pada Selasa, (22/11/2022).

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X