• Jumat, 9 Desember 2022

Kemenkes Mobilisasi Tim Medis dan UGD Darurat di Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 18:40 WIB

HARIANTERBIT.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memobilisasi tenaga kesehatan dan logistik kesehatan sebagai langkah tanggap untuk menangani korban bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya pada Senin (21/22).

 “Kemenkes telah memobilisasi sejumlah tenaga kesehatan antara lain dari bidang kedokteran dan tenaga kesehatan (Biddokes) dan ambulans,” kata Juru Bicara Kementerian Kesehatan dr. Muhammad Syahril, Selasa (22/11/2022).

Selain itu, dikerahkan pula 26 tenaga kesehatan dan 3 ambulans dari Kantor Kesehatan Pelabuhan.

Baca Juga: Pengecer dan Distributor Keluhkan Penyelewengan Subsidi Kedelai

“RSUP Hasan Sadikin siap mengirimkan tim dan menyiapkan UGD untuk melayani pasien dari Cianjur,” ucapnya.

Dari Ikatan Dokter Indonesia (IDI) sebanyak  3 dokter spesialis bedah, 1 tim medis dan 1 ambulans, dari Perhimpunan Ahli Bedah Ortopedi Indonesia (PABOI) 3 dokter spesialis bedah ortopedi, dan 5 petugas PSC (Public Safety Center) 119.

Kemenkes juga memobilisasi logistik kesehatan berupa tenda rangka ukuran 6×12 meter, velbed, kit operasional HEOC, obat-obatan, masker, masker anak, APD, oksigen konsentrator, antigen kit, emergency kit, handscoon, body bag, pampers dewasa dan anak, paket kesling, family kit.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Tetapkan Status Tanggap Darurat Bencana Gempa Selama 30 Hari

Syahril memaparkan, prosedur triase penanggulangan kegawatdaruratan, bagi korban luka ringan dan dapat dilakukan rawat jalan, dilakukan perawatan di Rumah Sakit Cimacan dan Rumah Sakit Dr. Hafiz.

Halaman:

Editor: Arbi Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X