• Selasa, 7 Februari 2023

Menpora Amali Sampaikan Rasa Duka Cita Mendalam Atas Terjadinya Bencana Gempa Bumi Cianjur

- Selasa, 22 November 2022 | 09:45 WIB
Menpora Amali
Menpora Amali

HARIANTERBIT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menyampaikan duka yang mendalam atas bencana gempa bumi yang terjadi di Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) lalu.

"Atas nama pemerintah, atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga, atas nama pribadi dan atas nama seluruh peserta Porwanas XIII tahun 2022, saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam terhadap korban bencana gempa bumi di Cianjur," ucap Menpora Amali usai membuka Porwanas tahun 2022 di Malang, Senin (21/11/2022) malam.

"Para korban jiwa mudah-mudahan berada ditempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa dan keluarga yang ditinggalkan tetap kuat dan diberikan ketabahan. Terhadap korban luka, semoga cepat dipulihkan seperti sediakala. Aamiin," tambahnya.

Gempa dengan kekuatan magnitudo M5,6 itu terletak di darat pada koordinat 107,05 BT dan 6,84 LS, berjarak sekitar 9,65 km barat daya Kota Cianjur atau 16,8 km timur laut Kota Sukabumi, menelan korban jiwa hingga 162 orang dan puluhan lainnya luka-luka.

Tak hanya itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukabumi mengungkap ratusan rumah rusak lantaran gempa yang diakibatkan oleh aktivitas sesar aktif.

Bahkan Badan Geologi menyebut bencana gempa bumi di Cianjur ini juga berpotensi mengakibatkan terjadinya bahaya sesar permukaan dan bahaya ikutan (collateral hazard), berupa retakan tanah, penurunan tanah, gerakan tanah dan likuefaksi.

Sementara itu menurut Daryono selaku Koordinator Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), daerah Cianjur merupakan salah satu wilayah rawan gempa selain Sukabumi, Lembang, Purwakarta yang merupakan kawasan seismik aktif.

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harus Ada Regulasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:16 WIB

Memilih Air Murni untuk Dikonsumsi versi Ahli

Rabu, 1 Februari 2023 | 13:45 WIB

Parah Nih, Bazar Buku Murah di Batang Sepi Pengunjung

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:07 WIB
X