• Sabtu, 10 Desember 2022

PWI Pusat Kembali Selenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro 2022

- Senin, 26 September 2022 | 17:33 WIB
PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2023 mendatang (Dok: PWI)
PWI gelar Anugerah Jurnalistik Adinegoro untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2023 mendatang (Dok: PWI)

HARIANTERBIT.com - Menjelang Hari Pers Nasional (HPN) 9 Februari 2023, yang akan digelar di Medan, Sumatra Utara, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat kembali menyelenggarakan Anugerah Jurnalistik Adinegoro, penghargaan tertinggi karya jurnalistik Indonesia.

Anugerah ini menggunakan nama tokoh wartawan Indonesia, Adinegoro, dengan harapan, semangatnya menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam berkarya. Adinegoro, bernama asli Djamaludin gelar Datuk Maradjo Sutan, terpaksa menggunakan nama samaran karena tak bisa menahan diri untuk menulis, mengkritik situasi pada masanya.

Baca Juga: Robert Priantono Bonosusatya, Jet Pribadi dan Markas Judi Online 200 Meter dari Mabes Polri, Simak Faktanya

"Semangat Adinegoro perlu menjadi teladan bagi seluruh wartawan Indonesia dalam menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas," ujar Rita Sri Hastuti, Ketua Panitia Tetap Lomba Karya Jurnalistik Adinegoro, dalam siaran persnya, Senin (26/9/2022).

Anugerah Jurnalistik Adinegoro diberikan kepada wartawan yang telah terseleksi melalui karya-karya jurnalistik yang sudah dimuat, ditayangkan, atau disiarkan dalam kurun waktu antara 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022.

Baca Juga: AHY Dorong Perubahan dan Perbaikan, Pembangunan SDM Harus Menjadi Kesadaran Kolektif Bangsa

Terkait dengan tema lomba karya jurnalistik Anugerah Adinegoro 2023, Rita Sri Hastuti mengungkapkan bahwa tidak ada tema khusus. "Tetapi tentunya diharapkan karya yang menginspirasi, bersifat membangkitkan semangat pembaca, pemirsa atau pendengar," papar wartawati senior yang juga penguji UKW PWI Pusat ini.

Lomba karya jurnalistik Anugerah Adinegoro 2023, sebagaimana sebelumnya, terdiri 7 kategori. Ketujuhg kategori tersebut adalah, 1. Karya Jurnalistik Cetak (AA1), Karya Jurnalistik Siber (AA2), Karya Jurnalistik Televisi (AA3), Karya Jurnalistik Radio (AA4), Karya Jurnalistik Foto untuk media cetak dan media siber (AA5), Karya Jurnalistik Karikatur Opini untuk media cetak dan media siber (AA6), dan 7. Karya Jurnalistik Video untuk Media Sosial (AA7).

Baca Juga: IPW Desak Polri Usut Jet Pribadi yang Digunakan Brigjen Hendra

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M6,1 Guncang Melonguane Sulut

Sabtu, 10 Desember 2022 | 04:30 WIB

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X