• Jumat, 9 Desember 2022

Disindir AHY soal BLT, Mensos Risma Jawab Begini

- Jumat, 16 September 2022 | 20:04 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Youtube Secretariat Presiden)
Menteri Sosial Tri Rismaharini. (Youtube Secretariat Presiden)

HARIANTERBIT.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini menjawab sindiran Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) soal penyalur bantuan langsung tunai (BLT). 

Risma menjelaskan pemberian BLT oleh pemerintah didasarkan kepada keadaan yang memungkinkan. Kebijakan pemerintah yang menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat dampak ekonomi bagi masyarakat. Sehingga program BBM BLT diluncurkan.
 
"Sebetulnya yang disampaikan karena saat kita tahu ini memang ada kondisi yang memang tidak stabil tidak seperti biasa. Maka diturunkan BLT BBM ini," katanya di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat, 16 September 2022. 
 
 
Risma menyebut keadaan serupa dialami negara-negara lain di dunia. Sebelumnya pemerintah juga memberikan bantuan serupa saat pandemi covid-19.
 
Eks Walikota Surabaya ini menyebut pemberian BLT merupakan bagian dari implementasi pelaksanaan Undang-undang Dasar 1945. 
 
"Sebagaimana Undang-undang Dasar 45 pasal 34 bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara. Itu konsepnya," tandas Risma. 
 
 
Sebelumnya dalam pidato politik di Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Partai Demokrat di JCC Senayan, Jakarta, Kamis 15 September 2022, AHY menyindir program BLT yang digelontorkan pemerintah Jokowi.
 
Pasalnya menurut AHY, dulu PDI Perjuangan yang meruoakan partai pengusung Jokowi mencibir program BLT yang dijalankan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun kini pemerintah Jokowi justru mengaplikasikan bantuan serupa. ***
 
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X