• Minggu, 27 November 2022

BPOM Temukan Kontaminasi BPA Air Kemasan di 6 Daerah

- Rabu, 14 September 2022 | 08:29 WIB
Galon air minum isi ulang
Galon air minum isi ulang

HARIANTERBIT.com - Bahan kimia Bisphenol A (BPA) pada air galon berkemas plastik keras polikarbonat, makin disadari telah menjadi polusi berbahaya yang tak terlihat. Publik makin paham potensi buruk BPA sebagai penyebab timbulnya beragam penyakit gawat, baik pada bayi, balita, maupun kalangan usia dewasa.

Mudarat galon guna ulang polikarbonat makin nyata di mata masyarakat yang selama ini jadi konsumen setianya.

Sekaitan itu, seruan keras muncul dari Medan, Sumatera Utara. Di tengah forum tatap muka antara BPOM, praktisi kesehatan, pengusaha AMDK, dan elemen masyarakat, Senin, 12 September 2022 bertema “Upaya Perlindungan Kesehatan Masyarakat Melalui Regulasi Pelabelan Bisphenol A (BPA) pada Air Minum dalam Kemasan (AMDK)”.

Baca Juga: DPR Usulkan Himbara Terapkan Nol Biaya Administrasi

Dari forum itu muncul tuntutan agar dilakukan pengawasan dan perbaikan sistem. Tujuannya agar 85 juta lebih konsumen AMDK galon tidak terpapar penyakit degeneratif dimasa depan.

“Proses pascaproduksi seperti transportasi dan penyimpanan AMDK galon, dari pabrik menuju konsumen melalui berbagai media dan ruang yang tidak sesuai prosedur, diduga menjadi penyebab kandungan BPA dalam kemasan galon polikarbonat bermigrasi dalam air. Sebagai contoh, galon yang terkena panas atau dibanting-banting,” kata Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Medan, Martin Suhendri.

Pernyataan Martin ini sejalan dengan keterangan sebelumnya, yang disampaikan Guru Besar Teknik Kimia Universitas Diponegoro, Prof. Andri Cahyo Kumoro. Prof. Andri mengatakan bahwa pelepasan BPA pada galon guna ulang rentan terjadi bila galon sampai tergores atau terpapar sinar matahari langsung.

Baca Juga: Lewat KIB, Survei LPMM: Airlangga Calon Kuat Pilpres 2024

Forum itupun disuguhi temuan lapangan BPOM sepanjang 2021-2022 yang membuat semua pihak terhenyak. Temuan lapangan BPOM di enam kota, yakni, Medan, Bandung, Jakarta, Manado, Banda Aceh, dan Aceh Tenggara, cukup mengejutkan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Cara Mudah Berkomunikasi Sebagai Seorang Introvert

Jumat, 25 November 2022 | 14:10 WIB

MPASI Bergizi Tepat Bantu Anak Cegah Stunting

Jumat, 25 November 2022 | 13:40 WIB

KERIS Bantu Pelaku Ekonomi Rakyat Punya Rumah Sendiri

Jumat, 25 November 2022 | 11:29 WIB

MRI 1,5 Tesla, Alat Diagnostik Medis Bebas Radiasi

Rabu, 23 November 2022 | 21:34 WIB

A-Z Seputar Gempa Bumi Yang Wajib Diketahui

Rabu, 23 November 2022 | 19:15 WIB

Kemenkes Diminta Sederhanakan Syarat Praktik Dokter

Rabu, 23 November 2022 | 18:05 WIB
X