• Rabu, 7 Desember 2022

Bansos Dinilai Bisa Amankan APBN dan Daya Beli Masyarakat

- Senin, 5 September 2022 | 21:35 WIB
Kepala BIN Budi Gunawan (ist)
Kepala BIN Budi Gunawan (ist)


HARIANTERBIT.com – Sejauh ini pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) berupa bantuan langsung tunai (BLT) kepada masyarakat untuk meredam dampak inflasi jika kenaikan harga pertalite dan solar.

Bansos tersebut berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) Rp600 ribu untuk 20,65 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) senilai Rp12,4 triliun. BLT itu akan diberikan melalui Kementerian Sosial (Kemensos) dan disalurkan melalui berbagai saluran kantor pos di seluruh Indonesia dibawah kewenangan Kemensos.

Baca Juga: Gelar Futsal Cup 2022, Tirta Siregar: Bangkitkan Olahraga Generasi Milenial

“Kebijakan pro rakyat harus dilanjutkan untuk mempertahankan daya beli masyarakat,” kata pengamat ekonomi Defiyan Cori, Senin (5/9/2022).

Hal serupa dikemukakan Kepala BIN, Budi Gunawan, bahwa pemerintah saat ini fokus melindungi masyarakat tak mampu melalui skema bantalan sosial serta perlindungan sosial lainnya.

“Pemerintah memastikan rakyat di kelompok terbawah akan mendapat perlindungan maksimal dari kebijakan ini,” tegasnya.

Sebagai penyalur, PT Pos Indonesia terus berkoordinasi mengenai data penerima manfaat dengan Kementerian Sosial akan diintensifkan sehingga data 20,6 juta orang bisa segera diperoleh. Penyaluran bansos berupa BLT itu akan dilakukan dengan tiga cara. Yakni, melalui kantor pos terdekat bagi penerima manfaat yang berdomisili dalam radius sekitar 500 meter dari kantor pos.

Baca Juga: Tertantang Jadi Pocong, Acha Septriasa Unjuk Kebolehan di Film Mumun

Kemudian disalurkan melalui komunitas, seperti RT/RW, kelurahan dan kecamatan.

Selanjutnya, mengantar langsung ke setiap rumah bagi kalangan disabilitas, orang tua, dan warga yang bermukim di wilayah 3 T (Terdepan, Tertinggal, Terluar).

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Gempa M6,4 Guncang Kabupaten Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:04 WIB

Cakupan Imunisasi Kejar di Luar Jawa Masih Rendah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:40 WIB
X