• Kamis, 29 September 2022

Menyoal Keamanan ASI Booster bagi Ibu dan Bayi

- Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:15 WIB
dr. Johanes Ari Cahyo Prabowo Sp.A
dr. Johanes Ari Cahyo Prabowo Sp.A

HARIANTERBIT.comAir Susu Ibu (ASI) merupakan sumber gizi utama yang lengkap dan sempurna bagi bayi. Sayangnya, salah satu permasalahan yang dikhawatirkan para ibu setelah melahirkan adalah kurangnya produksi ASI.

Hal tersebut dapat mengakibatkan tidak terpenuhinya kebutuhan gizi bayi, zat antibodi, dan kecerdasan pada bayi, serta berimbas pada kesehatan fisik sang ibu.

Mengatasi permasalahan tersebut, umumnya para ibu akan mengonsumsi ASI booster yang diklaim sebagai makanan pendukung kelancaran produksi ASI. Apalagi, saat ini banyak beredar di pasaran mengenai ASI booster yang dapat membantu memperlancar produksi ASI.

Dokter Spesialis Anak dari Siloam Hospitals Mampang, dr. Johanes Ari Cahyo Prabowo, menyampaikan, bahwa tidak ada larangan dalam mengonsumsi ASI booster.

“Jika dirasa perlu, konsumsi ASI booster dalam bentuk obat medis yang beredar di pasaran dapat digunakan. Dengan catatan, perlu diperhatikan faktor risiko dan riwayat alergi. Tentunya, konsumsi ASI booster juga diiringi dengan pemenuhan gizi yang cukup. Cek lagi dampak dari konsumsi ASI booster dengan kualitas ASI yang terbentuk. ASI yang berkualitas akan berwarna putih kekuningan dan sedikit kental,” kata dr. Johanes Ari dalam bincang sehat daring, sebagaimana keterangan yang diterima Jumat 12 Agustus 2022.

Johanes Ari juga mengingatkan kepada para ibu untuk mengecek kondisi bayi setelah mengonsumsi ASI.

“Jika bayi setelah mengonsumi ASI dapat tidur pulas, berat badan naik, BAB dan BAK teratur, berarti itu merupakan ASI yang sesuai. Konsumsi ASI booster dapat dilanjutkan selagi aman bagi kesehatan ibu dan bayi.”

Baca Juga: Disodori Amplop Coklat di Kantor Propam Polri, Petugas LPSK Gemetar

Dr Ari menjelaskan, bahwa pemberian ASI merupakan hal yang penting dan terbaik bagi ibu dan bayi. Ada kalanya ketika para ibu sulit memproduksi ASI, yang terlintas dalam benak ibu umumnya hendak mengganti ASI dengan susu formula. Faktanya, pemberian ASI lebih penting dibandingkan susu formula.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Terkini

Pertolongan Pertama pada Kasus Jantung Henti Mendadak

Minggu, 25 September 2022 | 11:04 WIB

Gempa M6,4 Guncang Meulaboh Aceh

Sabtu, 24 September 2022 | 06:15 WIB

Gubernur Anies Relaunching RS Siloam Mampang

Minggu, 18 September 2022 | 23:08 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal

Minggu, 18 September 2022 | 12:49 WIB

Disindir AHY soal BLT, Mensos Risma Jawab Begini

Jumat, 16 September 2022 | 20:04 WIB

BSU Tahap 2 Dibagi Minggu Depan, Ini Syarat-syaratnya

Jumat, 16 September 2022 | 18:43 WIB

Enam Individu Satwa Liar Dilepasliarkan di Bungo

Jumat, 16 September 2022 | 17:08 WIB
X