• Rabu, 7 Desember 2022

Menkes: Belum Ada Perubahan Aturan Kebijakan Penggunaan Masker

- Senin, 4 Juli 2022 | 14:34 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Negara.  (youtube sekretariat presiden)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin saat memberikan keterangan usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Negara. (youtube sekretariat presiden)

HARIANTERBIT.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kebijakan penggunaan masker di ruangan terbuka belum berubah. Padahal sebelumnya Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan kebijakan penggunaan masker diperketat kembali.

Sejak 19 Mei 2022 pemerintah melonggarkan pemakaian masker di ruangan terbuka. Masyarakat diizinkan melepas masker di area terbuka yang tidak ada kerumunan. Budi menegaskan ketentuan tersebut masih berlaku. 
 
"Belum ada perubahan dari kebijakan mengenai masker dari yang terakhir disampaikan oleh pemerintah," katanya usai rapat terbatas evaluasi PPKM di Istana Presiden, Senin 4 Juli 2022.
 
 
Dia menjelaskan masker dianjurkan tetap digunakan di ruang terbuka jika terdapat jumlah massa yang banyak dan dalam keadaan sakit. 
 
"Atau kita sendiri merasa tidak sehat sebaiknya tetap saja menggunakan masker. Tidak ada perubahan mengenai masker," imbuhnya.
 
Sebelumnya pada kunjungan kerja di Universitas Nahdlatul Ulama NTB, Mataram, Jumat 1 Juli 2022, mengatakan pemerintah menarik kelonggaran penggunaan masker di ruangan terbuka. 
 
 
Hal itu dilakukan mengingat terjadi kenaikan angka kasus di Indonesia. Kebijakan pelonggaran masker akan kembali ditetapkan jika terjadi penuruna angka kasus. 
 
"Protokol kesehatan tetap kita ketatkan, masker terutama ya, ada kenaikan terpaksa masker harus dipakai lagi. Jadi kelonggaran itu kita tarik dulu sampai nanti situasinya memungkinkan baru kita buka lagi," kata Ma'ruf saat itu. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M6,4 Guncang Kabupaten Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:04 WIB
X