• Kamis, 11 Agustus 2022

Camat Sepatan Apresiasi UNPAM Gelar Pelatihan Strategi Pemasaran Bagi UMKM

- Kamis, 30 Juni 2022 | 23:55 WIB
Universitas Pamulang saat menggelar pelatihan strategi pemasaran menggunakan open source Oddo bagi UMKM
Universitas Pamulang saat menggelar pelatihan strategi pemasaran menggunakan open source Oddo bagi UMKM

HARIANTERBIT.COM - Universitas Pamulang (UNPAM) menggelar pelatihan penyebaran strategi pemasaran menggunakan open source Oddo bagi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Sepatan, Kabupaten Tangerang, Banten, pada Kamis (30/6/2022), yang bertujuan untuk pengelolaan keuangan dalam usahanya serta memperkenalkan produknya kepada masyarakat luas.

Pelatihan ini merupakan salah satu bentuk dukungan UNPAM dengan program Pengabdian Kepada Masyarakat kepada UMKM melalui aplikasi Odoo yang di dalamnya terdapat berbagai program termasuk aplikasi bisnis penjualan, manajemen proyek, keuangan, SDM, dan lain-lainnya, dimana penggunaannya dilakukan secara bebas dan gratis.

Mohamad Supriyatna selaku Camat Sepatan mengapresiasi upaya UNPAM yang memiliki program Pengabdian Kepada Masyarakat, melalui pelatihan bagi UMKM ini.

"Saya sangat mengapresiasi para mahasiswa UNPAM yang tergerak untuk melakukan pelatihan kepada rekan-rekan UMKM, karena saya menilai pelatihan seperti ini sangat penting untuk terus menumbuhkembangkan UMKM ini dengan memaksimalkan aplikasi Odoo, serta menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa Teknik Informatika untuk bisa mengembangkan aplikasi seperti Gojek misalnya secara lokal, dalam memajukan UMKM di lingkungan Kecamatan Sepatan ini," ucap Camat Sepatan, Mohamad Supriyatna.

Sementara itu, Ketua Program Studi Magister Teknik Informatika Dr. Ir. Agung Budi Santoso, MM dalam sambutanya menyampaikan bahwa program UNPAM bertajuk pengabdian kepada masyarakat ini sangat penting dilaksakan untuk membantu para UMKM dalam mengelola, menggunakan aplikasi yang gratis seperti aplikasi Odoo ini.

"UNPAM juga mengadakan PKM di luar negeri dengan memberikan pelatihan bagi para pekerja di saat libur, sehingga diharapkan ketika pulang ke Indonesia, bisa berwirausaha dengan modal yang sudah ada,” ucap Agung Budi Santoso.

Jalannya kegiatan, para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan ini. Hal tersebut terlihat saat narasumber Jalaludin S.Kom, M.Kom beserta para mahasiswa Magister Teknik Informatika UNPAM memberikan pelatihan secara langsung dengan mendaftarkan akun Odoo kepada semua peserta dan peserta pun langsung coba mempergunakannya.

"Pelatihan yang dilakukan oleh mahasiswa Magister Teknik Informatika UNPAM sangat bermanfaat bagi kami," ucap Endah, selaku Ketua UMKM Kecamatan Sepatan.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Fakta Dibalik Kontroversi Pelabelan BPA

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:54 WIB

Ribuan Sepeda Ontel akan Ramaikan HUT RI di Jakarta

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:54 WIB

LARISA BPKP Rangkul Penyandang Disabilitas

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:47 WIB

5 Ciri Orang yang Disukai Khodam Sunan Kalijaga

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:52 WIB
X