• Rabu, 10 Agustus 2022

Tim Dosen FIK UPN Veteran Jakarta Bantu Perangkat Desa Hadirkan Visualisasi Data Publik lebih Cepat

- Minggu, 26 Juni 2022 | 17:25 WIB

HARIANTERBIT.com - Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) mendukung program Membangun Desa Kampus Merdeka bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor, Jawa Barat. UPNVJ menggelar bimbingan teknis (Bimtek) visualisasi data publik di Kantor Desa Rawa Panjang, Kecamatan Bojonggede, Minggu, 26 Juni 2022.

Koordinator Tim Dosen Fakultas Ilmu Komputer (FIK) UPNVJ, Rio Wirawan mengatakan Bimtek ini diikuti sebanyak 12 orang perangkat desa setempat. Para peserta diharapkan dapat membuat dashboard warga yang berisi informasi strategis desa.

Baca Juga: Kegiatan dan Lomba Unik Digelar Warga Demak Saat Deklarasikan Dukungan untuk Sandiaga Maju Pilpres 2024

"Perangkat desa mendapat pembelajaran model visual data untuk keperluan informasi desa, seperti keperluan data rutilahu (rumah tidak layak huni), data info vaksinasi, data bantuan dari pemerintah dan lainnya," kata Rio dalam keterangan tertulis, Minggu, 26 Juni 2022.

Rio bersama dua dosen lainnya, yakni Bayu Wibisono dan Jayanta, menjelaskan visualisasi data menjadi penting karena selama ini perangkat desa memerlukan waktu yang relatif lama untuk memberikan informasi strategis guna memenuhi hak warga akan informasi yang dibutuhkan dan program-program pemerintah. Rio berharap dengan Bimtek ini, perangkat desa semakin mudah memberikan pelayanan tersebut kepada masyarakat setempat.

Salah satu peserta Bimtek mengapresiasi program pengabdian masyarakat dari FIK UPN Veteran Jakarta ini. Ia optimistis dapat memberi pelayanan cepat kepada masyarakat desa.

"Dengan adanya Bimtek ini kami menjadi mempunyai gambaran untuk mengolah data untuk dijadikan informasi visual (grafis) guna keperluan-keperluan warga desa, yang hanya menyediakan waktu singkat," kata Kepala Seksi Perencanaan Desa Rawa Panjang, Karunia Juliarto.

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Fakta Dibalik Kontroversi Pelabelan BPA

Senin, 8 Agustus 2022 | 19:54 WIB

Ribuan Sepeda Ontel akan Ramaikan HUT RI di Jakarta

Sabtu, 6 Agustus 2022 | 10:54 WIB

LARISA BPKP Rangkul Penyandang Disabilitas

Rabu, 3 Agustus 2022 | 13:47 WIB

5 Ciri Orang yang Disukai Khodam Sunan Kalijaga

Senin, 1 Agustus 2022 | 19:52 WIB
X