• Minggu, 3 Juli 2022

Tips Agar Anak Tidak Kecanduan Game Online

- Kamis, 23 Juni 2022 | 11:40 WIB
anak main game mobile mabar
anak main game mobile mabar

HARIANTERBIT.com - Bermain game online bagi anak-anak boleh saja, namun harus sesuai dengan usia anak. Anak - anak yang bermain game online harus diawasi, dan dibatasi waktunya. Karena jika tidak dibatasi dan tidak dikontrol, maka anak bisa kecanduan dan jika sudah kecanduan maka banyak sekali dampak buruknya, termasuk kerusakan pada otak.

"Untuk mencegah kecanduan game online pada anak, kita tidak bisa hanya mengadalkan proteksi dan peran negara," ujar Retno Listyarti, Komisioner
Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) kepada Harian Terbit, Kamis, 22 Juni 2022.

Retno mengakui, memang benar bahwa negara harus andil terkait dengan makin maraknya permainan game online, seperti dilakukan pemerintah China misalnya, namun ketika negara belum maksimal hadir, maka peran orangtua menjadi sangat dominan untuk mencegah anak-anak kecanduan game online.

Baca Juga: Hajatan ke-495, Jakarta Mulai Sejajar dengan Kota Terkemuka Dunia Lainnya

"Para orangtua harus mengetahui tips cegah kecanduan game online pada anak-anaknya," tegasnya.

Adapun tips tersebut di antarannya adalah, pertama, membatasi waktu bermain game online. Salah satu cara untuk mengatasi kecanduan game online adalah dengan membatasi jadwal main game dengan ketat, perlu dibuat aturan dan kesepakatan antara orangtua dengan anaknya.

Supaya anak tidak langsung kaget, maka lebih baik mengurangi durasi bermain game secara perlahan. Sehingga jadwal main game anak tetap terkontrol, namun Anda harus konsisten dalam melaksanakan jadwal ini.

Kedua, letakkan alat bermain game di luar kamar. Anak yang cenderung kecanduan game online biasanya diakibatkan oleh kebebasan yang berlebih dalam memegang smartphone, PC, ataupun konsol di kamar. Dengan akses yang begitu mudah, hal tersebut kadang kala membuat anak terlena karena tidak berada di bawah pengawasan orang tua.

Baca Juga: KPAI: Pengeroyokan ABG dan Tawuran Pelajar Marak Terjadi Meski Masa Pandemi

Sehingga, salah satu cara paling efektif untuk mengurangi kecanduan game pada anak adalah memindahkan peralatan game onlinenya di luar kamar. Sehingga setiap waktu yang dihabiskan anak untuk bermain game bisa diawasi oleh orang tua.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X