• Minggu, 3 Juli 2022

Pentingnya Absensi Untuk Aktivitas Perusahaan

- Kamis, 23 Juni 2022 | 10:02 WIB
Optimalisasi Kinerja Karyawan dengan Absensi Online (Pixabay)
Optimalisasi Kinerja Karyawan dengan Absensi Online (Pixabay)

HARIANTERBIT.com - Untuk dapat mengukur kinerja setiap karyawan atau tim yang terlibat, perusahaan (dalam hal ini staf bidang HRD) biasanya akan melihat data absensi karyawan dalam periode tertentu. Oleh karena itu, tak heran jika banyak orang yang menganggap bahwa data absensi merupakan hal yang penting. Saking pentingnya, kini banyak perusahaan yang memilih untuk memanfaatkan aplikasi absensi.

Sesuai dengan namanya, aplikasi absensi adalah suatu jenis aplikasi profesional yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mencatat, melacak, dan mengelola data absensi setiap karyawan. Sebenarnya, data pada aplikasi absen tidak hanya mencakup absen masuk dan keluar saja, melainkan juga pembagian shift, hari-hari cuti, waktu istirahat, hingga integrasi dengan payroll.

Kebutuhan untuk Aplikasi Absensi

Melacak absensi karyawan dengan menggunakan aplikasi absensi sangat penting untuk profitabilitas, keandalan, dan reputasi perusahaan. Ada tujuh alasan umum mengapa aplikasi absensi diperlukan:

● Produktivitas
Waktu yang dihabiskan untuk melakukan pekerjaan adalah variabel input penting dari produksi yang melibatkan setiap karyawan. Jadi, lebih banyak waktu di tempat kerja berpengaruh pada produktivitas yang lebih tinggi.

● Kelancaran Operasi
Bukan hanya produktivitas pribadi satu karyawan yang dipertaruhkan, tetapi produktivitas tim dan perusahaan secara keseluruhan. Tidak adanya anggota tim menyebabkan masalah koordinasi, penundaan, pekerjaan dalam proses yang lebih tinggi, atau inventaris. Namun bila hal ini terjadi berkali-kali dengan orang yang berbeda, dampak ketidakhadiran karena pengelolaan absensi yang kacau justru berlipat ganda.

● Disiplin
Kurangnya disiplin dalam perusahaan menyebabkan ketidakpastian, penundaan, dan variabilitas baik kualitas maupun jadwal pengiriman. Ketidakdisiplinan juga menular. Ini mempengaruhi karyawan lain juga untuk mengadopsi kebiasaan buruk dan dengan demikian menambah masalah. Dari sudut manajemen lean, disiplin waktu membantu mengurangi variabilitas dan penundaan.

● Lembur
Banyak perusahaan seperti bisnis ritel, dan pabrik mengoperasikan banyak shift. Meski begitu, permintaan produksi yang tinggi mungkin mengharuskan orang untuk bekerja lembur di luar jam kerja biasa atau di akhir pekan atau hari libur.

Sistem aplikasi absensi dan praktik akuntansi yang tepat sangat penting baik dari perspektif efisiensi biaya dan kepuasan karyawan yang lebih tinggi. Kurangnya pengelolaan yang baik karena tidak memanfaatkan aplikasi absensi dapat menyebabkan perselisihan, biaya karyawan yang lebih tinggi, dan banyak tekanan bagi administrator.

● Masukan Penggajian yang Akurat
Input kehadiran sangat penting untuk menghitung gaji karyawan secara akurat. Gaji dibayarkan untuk hari kerja dan informasi ini dipastikan dari data kehadiran dalam aplikasi pengelola absensi. Selain itu, data kehadiran juga digunakan untuk menghitung tunjangan shift, bonus absensi dan pembayaran lembur.

Halaman:

Editor: Zahroni Terbit

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X