• Minggu, 3 Juli 2022

IDI Minta Kajian Ulang Kebijakan Lepas Masker

- Selasa, 21 Juni 2022 | 23:20 WIB

Jakarta, HanTer – Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) merekomendasikan kepada pemerintah untuk pengkajian kembali kebijakan lepas masker di tempat umum, di tengah kenaikan kasus covid-19.

"Kami merekomendasikan untuk dikaji kembali jika diperlukan," kata Ketua Bidang Pengkajian Penyakit Menular PB IDI Dr. dr. Agus Dwi Susanto, Sp.P(K), Selasa (21/6/2022).

Sementara itu, kata dia, berdasarkan laporan yang ada subvarian BA.4 dan BA.5 telah menyebabkan kenaikan kasus di sejumlah negara.

"Seperti diketahui bahwa subvarian BA.4 dan BA.5 ini di berbagai belahan dunia menyebabkan kenaikan kasus. Sehingga perlu respons cepat untuk mencegah penyebarannya," katanya.

Karena itu, katanya, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai subvarian BA.4 dan BA.5 harus terus diintensifkan. "Peran tenaga medis dalam memberikan sosialisasi dan edukasi menjadi hal penting untuk mencegah penularan," ucapnya.

Lebih lanjut, PB IDI juga mendorong pemerintah untuk peningkatan vaksinasi penguat atau "booster" guna mengantisipasi kenaikan jumlah kasus COVID-19 akibat subvarian Omicron BA.4 dan BA.5.

"Kami mendorong agar pemerintah dan masyarakat menggiatkan kembali vaksinasi COVID-19 dosis penguat atau 'booster'," katanya. (Ak/Ant)

Editor: Arbi Terbit

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X