• Rabu, 7 Desember 2022

Universitas Sahid Rangkul Masyarakat Desa Citayam Lawan Stunting Bersama melalui Program DASHAT

- Senin, 6 Juni 2022 | 16:10 WIB
Para perangkat Desa Citayam bersama para Dosen Universitas Sahid
Para perangkat Desa Citayam bersama para Dosen Universitas Sahid

Citayam, HanTer - Stunting masih menjadi pekerjaan rumah Indonesia dan agenda utama dalam Sustainable Development Goals (SDGs). Berdasarkan Laporan Studi Status Gizi Indonesia oleh Kementrian Kesehatan tahun 2021, prevalensi stunting di Kabupaten Bogor masih menjadi urutan ke 7 tertinggi di antara kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat, sebesar 28,6 persen.

Posyandu merupakan salah program swadaya masyarakat yang dapat mencegah dan mengatasi stunting namun kondisi Posyandu di Desa Citayam belum cukup memadai, masyarakat Desa Citayam memerlukan dapur umum yang layak untuk mendukung kegiatan yang ada di Posyandu.

Baca Juga: Projo: Jokowi Respons Positif Terbentuknya KIB, Kombinasi NU, Muhammadiyah, dan Nasionalis

Dapur umum melambangkan kebersamaan karena begitu banyak aktivitas yang dapat dilakukan di dapur ini. Dapur umum merupakan jantung pangan masyarakat, seyogyanya dapat digunakan masyarakat khususnya para kader Posyandu dan ibu-ibu PKK setempat untuk membuat makanan tambahan dalam program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) ASI.

Antusiasme para perangkat Desa Citayam

Selain itu, dapur umum juga diharapkan dapat menjadi dapur tanggap darurat dan kegiatan sosial dalam produksi dan distribusi makanan bagi para warga yang membutuhkan. Dapur umum yang ada di Desa Citayam saat ini belum layak digunakan karena terbatasnya dana untuk pengembangan dan renovasi.

Desa Citayam juga masih belum memiliki sistem pembuangan sampah akhir sehingga timbul masalah lingkungan yaitu pembuangan sampah yang masih sembarangan dan dibakar di masing-masing pemukiman yang berpotensi menyebabkan berbagai penyakit saluran pernafasan pada warga sekitar khususnya balita.

Baca Juga: Airlangga: KIB Dorong Munculnya Capres 2024 yang Bisa Menghilangkan Politik Identitas

Posyandu merupakan tempat kegiatan warga yang berpotensi untuk menjadi pusat pengelolaan Bank Sampah untuk mengurangi pembakaran dan pembuangan sampah sembarangan.

Dosen-dosen di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Sahid telah melaksanakan Sosialisasi Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) sebagai implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi pada tanggal 24 Mei 2022 mengajak masyarakat Desa Citayam untuk berperan aktif melawan dan mencegah stunting di wilayahnya.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M6,4 Guncang Kabupaten Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:04 WIB

Cakupan Imunisasi Kejar di Luar Jawa Masih Rendah

Sabtu, 3 Desember 2022 | 15:40 WIB
X