• Selasa, 7 Februari 2023

Dua Pesan Terakhir Buya Ahmad Syafii Maarif

- Jumat, 27 Mei 2022 | 15:22 WIB
Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah.  (muhammadiyah)
Buya Ahmad Syafii Maarif, mantan Ketua PP Muhammadiyah. (muhammadiyah)

HARIANTERBIT.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Haedar Nashir berada bersama Buya Ahmad Syafii Maarif di saat-saat terakhir sebelum berpulang. Ada dua pesan yang disampaikan Buya sebelum wafat.

Haedar Nashir menyebut Buya Ahmad Syafii Maarif dirawat di RS PKU Muhammadiyah Gamping sejak dua minggu lalu. Sebelum itu mantan Ketua PP Muhammadiyah itu juga sempat dirawat sekitar satu bulan. 
 
Tiga hari sebelum berpulang Haidar Nashir mengungkapkan ada dua pesan yang disampaikan Buya Ahmad Syafii  Maarif. Saat itu Guru Besar IKIP itu masih bisa berdialog. 
 
 
Pertama Buya Syafii mengingatkan agar selalu menjaga keutuhan bangsa, keutuhan Muhammadiyah, dan keutuhan umat Islam. Kedua Buya Syafii meminta untuk melakukan doa bersama. 
 
“Tidak biasanya, Buya itu kan orangnya santai gitu biarpun kami selalu ketika menjenguk orang sakit kewajiban kami mendoakan beliau malah yang meminta sendiri untuk mendoakan beliau sehingga kami berdoa bersama beliau,” terang Haidar dikutip dari laman resmi Muhammadiyah, Jumat (27/5/2022). 
 
 
Haidar mengungkapkan saat itu Buya Syafii sempat menitikkan airmata. Itu menjadi percakapan terakhirnya dengan Buya Syafii. 
 
“Saya menyaksikan air matanya berlinang dan itulah percakapan kami yang terakhir. Satu hari sebelum ini itu saya ber-WA, beliau menjawab bahwa saya sudah menerima keadaan ini dan dengan pasrah dan kami percaya dengan tim dokter RS PKU Muhammadiyah Gamping,” pungkas Haedar. 
 
 
Buya Syafii wafat pada usia 86 tahun. Dia meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah pada pukul 10:15. Jenazah akan dimakamkan di pemakaman Husnul Khatimah Donomulyo usai ashar. ***
 

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Harus Ada Regulasi Cegah Kekerasan Terhadap Anak

Kamis, 2 Februari 2023 | 23:16 WIB

Memilih Air Murni untuk Dikonsumsi versi Ahli

Rabu, 1 Februari 2023 | 13:45 WIB

Parah Nih, Bazar Buku Murah di Batang Sepi Pengunjung

Selasa, 31 Januari 2023 | 15:07 WIB
X