• Selasa, 28 Juni 2022

Dunia Dilanda Kelaparan, WSJ: Buka Blokade Rusia Atas Pelabuhan Ukraina

- Kamis, 26 Mei 2022 | 13:15 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi


Jakarta, HanTer – Akhirnya Dewan Redaksi surat kabar terkemuka dunia, The Wall Street Journal (WSJ), pada Rabu (24/5) lalu menulis editorial penting seputar perkembangan invasi Rusia di Ukraina. Mereka menengarai kemungkinan terjadinya bencana kelaparan yang akan melanda warga sipil di sebagian belahan dunia.

Pasalnya, hingga saat ini pasukan Rusia masih memblokade pelabuhan-pelabuhan penting Ukraina, yang membuat kapal-kapal komersial—terutama pembawa muatan gandum—tak bisa keluar dari negeri itu untuk mengantarkan pasokan.

Invasi Rusia yang dikomandoi Vladimir Putin, menurut editorial WSJ tersebut telah menyebarkan kesulitan kemanusiaan dan ekonomi yang luas. Yang siap datang di depan kekurangan pangan global.

Baca Juga: Mesut Ozil Buat Jalan Pariwisata Indonesia Kian Mendunia

“Dunia membutuhkan strategi untuk mematahkan blokade Rusia terhadap pelabuhan Ukraina sehingga negara itu dapat mengekspor makanan dan barang-barang lainnya,” tulis editorial tersebut.

Hal itu, kata WSJ, bisa berupa sebuah misi pengawalan menggunakan kapal perang untuk mengawal kapal dagang bermuatan pangan kemanusiaan keluar dari Laut Hitam.

Menurut editorial tersebut, saat ini Ukraina hanya menguasai Pelabuhan Odessa, karena Pelabuhan Mariupol di Laut Azov telah dihancurkan Rusia dan saat ini sepenuhnya dikuasai aggressor tersebut. “Meski Ukraina masih menguasai Odessa, tetapi dipastikan kapal perang Kremlin tidak akan membiarkan kapal komersial masuk atau keluar dari pelabuhan Laut Hitam itu,” tulis WSJ.

Konsekuensinya, akan ada kekurangan pasokan yang membuat harga pangan dunia meroket seiring produksi tanaman tahunan Ukraina yang selama ini mengisi persediaan, tidak bisa mencapai pasar dunia. “Ukraina, berdasarkan data Departemen Pertanian Amerika Serikat, mengekspor sekitar 14 persen jagung dunia, 10 persen gandum dan 17 persen jelai,” tulis WSJ.

Sekitar 50 negara bergantung pada Rusia dan Ukraina untuk setidaknya 30 persen impor gandum.

Baca Juga: Liga Champions Liverpool vs Real Madrid, Mesut Ozil: Hala Madrid

Halaman:

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Kemendagri Hadiri Genius Science Expo 2022

Senin, 27 Juni 2022 | 16:56 WIB

Mimpi Menurut Rasulullah, Pernah Mengalami?

Minggu, 26 Juni 2022 | 20:54 WIB

Nabi SAW Rindu kepada Kita sebagai Saudaranya

Minggu, 26 Juni 2022 | 08:28 WIB

Nabila Ishma kepada Eril: Kamu Istimewa

Sabtu, 25 Juni 2022 | 13:07 WIB
X