• Rabu, 7 Desember 2022

Kasus Hepatitis Akut Misterius Bertambah Jadi 14

- Rabu, 18 Mei 2022 | 13:37 WIB
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)
Ilustrasi anak sakit (ikbal muqorobin)

HARIANTERBIT.com - Jumlah kasus dengan gejala hepatitis akut misterius yang belum diketahui etiologinya di Indonesia terus meningkat.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril mengatakan sampai Selasa (17/5/2022) kemarin tercatat terdapat 27 kasus dengan gejala hepatitis akut misterius. Namun dari 27 kasus tersebut hanya 14 kasus yang dinyatakan kasus hepatitis akut.

Rincian kasus hepatitis akus misterous itu adalah  27 kasus tersebut terdiri dari 1 kasus probable, 13 pending classification dan 13 discarded. 
 
 
"Sehingga yang kita sebut dugaan hepatitis akut itu per tanggal 17 Mei ada 14 kasus yaitu probable 1 dan 13 pending," ujarnya saat konferensi pers dikutip dari kanal Kementerian Kesehatan RI di Youtube, Rabu (18/5/2022).
 
Sebanyak 14 kasus tersebut tersebar di lima provinsi dengan kasus terbanyak di temukan di DKI Jakarta. Di Jakarta terdapat 1 kasus probable dan 7 kasus pending classification. Jawa Timur terdapat 3 kasus pending classification. Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Jambi masing-masing ada 1 kasus pending classification. 
 
 
"Tigabelas kasus pending ini karena menunggu hasil laboratorium dan sebagainya. Dan setiap hari dari Kementerian Kesehatan mengikuti perkembangan ini sehingga ada update terus. Apakah pending berkurang atau bertambah," papar dr. Syahril. 
 
Lebih lanjut dr. Syahril menyatakan 1 kasus probable tersebut sudah meninggal pada 19 April 2022 lalu. Pemeriksaan hepatitis A,B,C dan E dinyatakan nonrekatif dan patogen lain negatif.
 
 
"Kasus probable ini akan menunggu perkembangan selanjutnya apa nanti tetap probable atau discarded," tandas dia. 
 
Diketahui pada 13 Mei Kementerian Kesehatan mencatat terdapat 10 kasus hepatitis akut misterius yang terdiri dari 1 kasus probable dan 9 kasus pending classification. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M6,4 Guncang Kabupaten Garut

Sabtu, 3 Desember 2022 | 17:04 WIB
X