• Minggu, 3 Juli 2022

Warga Diingatkan Soal Gunung Aktif Berbahaya

- Selasa, 17 Mei 2022 | 06:17 WIB

Kepulauan Sangihe, HanTer – Sejauh ini Pusat Vulkanologi, Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG), Kementerian ESDM menyatakan, Gunung Awu di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara (Sulut) berpotensi erupsi setelah terjadi peningkatan kegempaan vulkanik .

"Statusnya memang sudah siaga level tiga sejak 11 Mei 2022, aktivitas gempa vulkaniknya meningkat," kata Subkoordinator Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana di  Manado.

Dikutip dari Antara, Senin (16/5), meskipun berpotensi terjadinya erupsi, namun menurut dia, waktu peristiwa letusan tidak bisa dipastikan.

Karena itu menurut dia, pemantauan terus dilakukan untuk melihat kecenderungan aktivitas vulkanik gunung yang pada Desember lalu dinaikkan statusnya dari normal ke waspada.

"Terus kita pantau aktivitasnya. Karena itu kami berharap masyarakat mematuhi radius bahaya yang direkomendasikan," ajaknya.

Beberapa rekomendasi yang harus dipatuhi yaitu masyarakat dan pengunjung/wisatawan agar tidak mendekati dan beraktivitas di dalam radius 3,5 kilometer dari kawah puncak Gunung Awu. Ant

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X