• Minggu, 3 Juli 2022

Gigitan Serangga Penyebab Kulit Melepuh

- Senin, 16 Mei 2022 | 23:11 WIB

 Jakarta, HanTer - Sejauh ini kulit melepuh tanda sebab kerap dialami oleh beberapa orang. Kulit melepuh adalah kondisi luka yang menimbulkan terbentuknya gelembung berbentuk lingkaran yang berisi cairan.

Dikutip dari Sindo, cairan pada kulit yang melepuh ini bisa berupa plasma, darah, ataupun nanah, tergantung pada letak kemunculannya. Kendati muncul tanpa sebab, ternyata ada hal yang menjadi pemicu kulit melepuh, berikut lima penyebabnya:

  1. Gesekan kulit

Gesekan pada kulit menjadi penyebab kulit tiba-tiba melepuh yang paling sering dialami banyak orang. Biasanya, kulit melepuh yang disebabkan oleh gesekan muncul di area tangan atau kaki.

Kulit melepuh pada area tangan mungkin terjadi akibat gesekan terus-menerus saat bermain drum atau alat musik lain. Sedangkan pada kaki, kulit melepuh bisa terjadi karena gesekan antara kaki dan alas kaki saat berjalan atau berlari.

  1. Cuaca ekstrem

Penyebab lain yang membuat kulit melepuh tanpa sebab adalah paparan suhu ekstrem. Misalnya, suhu yang terlalu panas ketika kulit mengalami luka bakar akibat tersiram atau menyentuh air panas hingga paparan sinar matahari.

Pada kasus tertentu, kulit melepuh tanpa sebab bisa muncul sebagai bagian dari mekanisme pertahanan tubuh untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat perubahan suhu yang ekstrem.

  1. Gigitan serangga

Penyebab kulit melepuh tanpa sebab berikutnya adalah gigitan serangga. Biasanya, jenis gigitan berupa tungau kecil akan meninggalkan gelembung berisi di permukaan kulit tangan, pergelangan tangan, ketikak, hingga kaki. Selain itu, gigitan kutu dan kutu busuk juga bisa menjadi penyebab munculnya lepuhan kulit.

  1. Terpapar bahan kimia

Kulit melepuh tanpa sebab bisa terjadi akibat paparan bahan kimia. Kondisi ini disebut dengan dermatitis kontak. Beberapa bahan kimia yang menjadi penyebab kulit melepuh antara lain produk kosmetik dan perawatan kulit, detergen, zat pelarut, nikel sulfat (yang umum digunakan dalam proses pelapisan logam), dan lain-lain.

  1. Pembuluh darah pecah

Kulit melepuh tanpa sebab bisa terjadi akibat pembuluh darah pecah di permukaan kulit. Hal itu membuat darah keluar menuju celah-celah di antara lapisan kulit sehingga menyebabkan terbentuknya lepuhan yang berisi darah. Pecahnya pembuluh darah ini bisa diakibatkan oleh beberapa kondisi tertentu, misalnya paparan sinar matahari. Ant

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X