• Jumat, 9 Desember 2022

Ini Gejala Awal Hepatitis Akut Misterius Tanda Harus Segera ke Rumah Sakit

- Jumat, 13 Mei 2022 | 19:01 WIB
Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril menjelaskan soal hepatitis akut misterius.  (Youtube Kemenkes RI)
Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril menjelaskan soal hepatitis akut misterius. (Youtube Kemenkes RI)
 
 
HARIANTERBIT.com - Masyarakat diminta lebih waspada dengan penyebaran hepatitis akut misterius yang belum diketahui etiologinya.
 
Para orang tua diharapkan tidak menunda pergi ke rumah sakit atau puskesmas jika anaknya mengalami gejala awal hepatitis akut misterius seperti mual, muntah dan diare. 
 
Pasalnya tujuh kasus kematian dengan gejala hepatitis akut misterius dikarenakan keterlambatan penanganan di rumas sakit. Pasien tersebut dibawa ke rumah sakit sudah dalam kondisi lanjut. 
 
 
"Untuk yang meninggal ini dari data, yang meninggal hampir semuanya dirujuk dengan keterlambatan sampai di rumah sakit. Pasien itu sudah ada yang sudah dengan kejang, kemudian juga dengan kesadaran menurun," ujar Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, dr. Mohammad Syahril dalam konferensi pers melalui kanal Kementerian Kesehatan RI di YouTube, Jumat (13/5/2022). 
 
Dengan kondisi pasien yang sudah lanjut, dr. Syahril mengatakan kesempatan pertolongan yang diberikan menjadi lebih kecil.
 
 
Sebaliknya jika masih dalam tahap gejala awal maka petugas kesehatan dalam melakukan perawatan yang lebih maksimal. 
 
"Sehingga di tingkat rumah sakit sudah tidak bisa memberikan pertolongan yang lebih lanjut," tandasnya. 
 
Meski diminta agar waspada, dr. Syahril meminta masyarakat tidak panik.***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa M5,8 Guncang Sukabumi Jawa Barat

Kamis, 8 Desember 2022 | 08:06 WIB
X