• Minggu, 3 Juli 2022

3 Anak Meninggal Diduga Hepatitis Misterius, Ini Penjelasan Kemenkes

- Jumat, 6 Mei 2022 | 10:11 WIB
Juru Bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers.  (youtube kemenkes ri)
Juru Bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi dalam konferensi pers. (youtube kemenkes ri)

 
HARIANTERBIT.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes)menjelaskan penyebab meninggalnya tiga anak yang diduga karena hepatitis misterius.
 
Juru Bicara Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan ketiganya yang ditangani RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo datang sudah dalam keadaan stadium lanjut. 
 
Kondisi tersebut, menurutnya, membuat waktu yang dimiliki tenaga kesehatan dalam melakukan pertolongan menjadi sedikit. 
 
 
"Mengenai investigasi kontak dalam tiga kasus ini kita ketahui bahwa ketiga kasus ini datang sudah pada kondisi stadium lanjut. Jadi memang hanya memberikan waktu sedikit untuk kemudian rumah sakit melakukan tindakan pertolongan," ujarnya dalam konferensi pers Kemenkes, Kamis (5/5/2022). 
 
Siti mengungkapkan tiga pasien tersebut berumur 2 tahun, 8 tahun dan 11 tahun. Ketiganya disebut negatif Covid-19. 
 
"Usianya 2 tahun, 8 tahun dan 11 tahun. Yang 2 tahun itu belum mendapatkan vaksinasi, usia 8 tahun baru mendapatkan vaksinasi 1 kali dan 11 tahun sudah mendapatkan vaksinasi.  Ketiganya covid negatif. Berdasarkan hasil investigasi juga didapati bahwa satu kasus memiliki penyakit penyerta," beber dia. 
 
 
Hingga saat ini Kemenkes masih melakukan investigasi terhadap dugaan kasus heptitis akut dalam meninggalnya tiga anak di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo.
 
Kasus tersebut belum dapat dikategorikan sebagai hepatitis yang belum diketahui etiologinya tersebut karena masih dilakukan pemeriksaan adenovirus di laboratorium. ***

Editor: Yuli Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasus Covid-19 Mulai Melandai

Minggu, 3 Juli 2022 | 02:10 WIB

RKUHP

Sabtu, 2 Juli 2022 | 23:59 WIB
X