• Kamis, 18 Agustus 2022

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat: Tingkatkan Kompetensi Peserta Didik Lewat Perbaikan Sistem Pendidikan

- Rabu, 6 April 2022 | 20:30 WIB
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat

Jakarta, HanTer - Upaya untuk meningkatkan kemampuan peserta didik harus terus diupayakan secara sistematis dan semaksimal mungkin untuk menjawab hasil Asesmen Nasional di sektor pendidikan yang dilakukan Kemendikbudristek.

"Hasil Asesmen Nasional ini harus segera ditindaklanjuti dengan langkah-langkah yang terukur dan sistematis, sehingga upaya meningkatkan kemampuan peserta didik bisa dilakukan secara maksimal," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (5/4/2022).

Hasil Asesmen Nasional yang dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudriatek) pada 2021 dirilis Mendikbudrstek Nadiem Makarim, Jumat (1/4).

Baca Juga: Puan Maharani Ungkap Praktik Investasi Ilegal Sangat Massif, Harus Ada Upaya Khusus Menghentikannya

Berdasarkan hasil asesmen yang diikuti oleh lebih dari 6,5 juta peserta didik, terdapat isu kompetensi siswa di Indonesia dengan perbedaan capaian per jenjang. Mulai dari SD, SMP, hingga SMA/sederajat.

Hasil Asesmen Nasional menyimpulkan bahwa 1 dari 2 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum literasi dan 2 dari 3 peserta didik belum mencapai kompetensi minimum numerasi.

Besarnya jumlah peserta didik yang belum mencapai target kompetensi, menurut Lestari, harus menjadi perhatian serius semua pihak.

Baca Juga: Peringati Mosi Integral Natsir, HNW: Komitmen dengan Konstitusi, Selamatkan NKRI

Sehingga, tegas Rerie, sapaan akrab Lestari, harus didorong dalam waktu yang sesegera mungkin agar para pemangku kepentingan memetakan sejumlah penyebab para peserta didik belum memiliki kompetensi yang diharapkan.

Halaman:

Editor: Anugrah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Darurat Plastik Berbahaya BPA

Selasa, 16 Agustus 2022 | 22:50 WIB

Waspada Meterai Elektronik Palsu

Minggu, 14 Agustus 2022 | 16:18 WIB

Dokter Berikan Tips Cegah Penularan Cacar Monyet

Minggu, 14 Agustus 2022 | 12:04 WIB

Menyoal Keamanan ASI Booster bagi Ibu dan Bayi

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:15 WIB
X