• Rabu, 28 September 2022

Gelar Pengabdian Masyarakat Bikin Poster Promosi Efektif, Dosen UBSI Gandeng IPMI

- Minggu, 27 Maret 2022 | 22:41 WIB
Dosen UBSI gelar Pengabdian Masyarakat secara daring (dok)
Dosen UBSI gelar Pengabdian Masyarakat secara daring (dok)


Jakarta, HanTer - Sejauh ini museum merupakan salah satu tujuan wisata khususnya wisata edukasi dan budaya bagi masyarakat. Semua sumber daya di museum termasuk pemandu museum memiliki peran penting.

Pemandu museum selain bertugas menjadi pembimbing, penerang dan memberikan pelayanan bagi pengunjung, saat ini pemandu museum juga harus memiliki kemampuan lainnya dalam hal mengkomunikasikan materi ataupun segala hal-hal yang di museum termasuk diantaranya mengkomunikasikan dalam bentuk poster yang bisa dipublikasikan.

Hal ini diungkapkan Yusmawati, dosen Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) saat pelaksanaan kegiatan Pengabdian Masyarakat bertema Pelatihan Pembuatan Poster Edukasi dan Koleksi Museum Bagi Anggota Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI), secara daring, Sabtu (26/3/2022).

Pengabdian Masyarakat ini bekerjasama dengan IPMI yang merupakan organisasi profesi non komersil yang menaungi para Pemandu Museum di seluruh Indonesia dan didirikan sejak 2015.

Pengabdian Masyarakat ini menjadi salah satu implementasi kewajiban tridharma perguruan tinggi. Beberapa Dosen UBSI yang terdiri, selain Yusmawati, yakni Nina Kusumawati, Sultan Himawan, dan Sri Wulandari membantu memberikan pelatihan menangani pembuatan poster promosi yang simple dan efektif kepada IPMI.

"Mendesain sebuah poster edukatif, informatif dan persuasif diperlukan beberapa pemahaman mendasar dan teknik tersendiri agar poster yang dihasilkan dapat menjadi media promosi yang efektif," terang Yusmawati.

Dengan penampilan poster yang bagus dan tepat dapat membujuk pengunjung agar tertarik datang ke museum-museum yang ada di Indonesia.

"Selain itu, dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini, kami berharap apa yang kami sampaikan menambah pengetahuan anggota IPMI," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Pemandu Museum Indonesia (IPMI) Amat Kusaini Al Alexs menyambut baik kegiatan Pengabdian Masyarakat ini. Dia mengucapkan terima kasih dengan dosen UBSI yang telah bekerjasama dengan pihaknya. Dia juga berharap apa yang disampaikan para dosen UBSI dapat bermanfaat dan bisa diaplikasikan demi perkembangan museum Indonesia.

Kepala Program Studi Ilmu Komunikasi Anisti menyebutkan, program Pengabdian Masyarakat merupakan salah satu kegiatan tridharma perguruan tinggi secara rutinitas secara rutin sudah dijalan Universitas BSI, seperti bekerjasama dengan IPMI.

Halaman:

Editor: Romi Terbit

Tags

Terkini

Pertolongan Pertama pada Kasus Jantung Henti Mendadak

Minggu, 25 September 2022 | 11:04 WIB

Gempa M6,4 Guncang Meulaboh Aceh

Sabtu, 24 September 2022 | 06:15 WIB

Gubernur Anies Relaunching RS Siloam Mampang

Minggu, 18 September 2022 | 23:08 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal

Minggu, 18 September 2022 | 12:49 WIB

Disindir AHY soal BLT, Mensos Risma Jawab Begini

Jumat, 16 September 2022 | 20:04 WIB

BSU Tahap 2 Dibagi Minggu Depan, Ini Syarat-syaratnya

Jumat, 16 September 2022 | 18:43 WIB

Enam Individu Satwa Liar Dilepasliarkan di Bungo

Jumat, 16 September 2022 | 17:08 WIB
X