• Kamis, 1 Desember 2022

Ini Isi Sambutan Menpora Amali di Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 2022

- Minggu, 20 Maret 2022 | 23:06 WIB
Menpora Zainduin Amali saat memberikan sambutan di Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 2022
Menpora Zainduin Amali saat memberikan sambutan di Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 2022

 


Jakarta, HanTer - Menpora Amali menyampaikan sambutan pada Pembukaan Pra KTT ke-1 Y20 Indonesia 2022 secara virtual, dengan menggelorakan semangat bahwa pemuda adalah potensi besar pembangunan bangsa. Kegiatan pembukaan Pra-KTT itu sendiri dihelat di Palembang, Sumatera Selatan, Sabtu (19/3/2022) malam, dengan diikuti oleh seluruh delegasi dari negara-negara G20.

"Salam dari Jakarta. Merupakan kehormatan bagi saya menjadi bagian dari acara ini. Dengan senang hati saya menyambut anda di Pra KTT ke-1 di Y20 Indonesia 2022. Sangat disayangkan beberapa dari anda tidak dapat menjalankan perjalanan ke Palembang akibat pandemi," sapa Menpora Amali.

"Namun saya sangat berharap anda masih dapat memanfaatkan sepenuhnya acara ini untuk bertukar pikiran berdiskusi bertukar gagasan mengenai Youth Employment," tambahnya.

Disebutkan bahwa usia pemuda khususnya di Indonesia menempati peringkat dalam jumlah yang besar. Berdasarkan Survei Sosial Ekonomi Nasional Indonesia, perkiraan populasi pemuda saat ini kurang lebih sekitar 67 juta, itu berarti seperempat dari total penduduk Indonesia. Lebih dari itu merupakan kekuatan sekaligus daya pengungkit bagi keberlanjutan pembangunan bangsa dan negara.

"Memiliki jumlah penduduk berusia produktif yang begitu besar berarti potensi besar pula bagi pembangunan bangsa ini. Sebagai pemuda dari seluruh belahan dunia, saya yakin anda ingin tahu lebih banyak tentang situasi pemuda Indonesia saat ini," katanya.

Akan tetapi dalam dua tahun terakhir masyarakat dunia menghadapi tantangan global yang cukup berat akibat Pandemi Covid-19, termasuk kaum muda. Pandemi tentu berdampak pada beberapa kegiatan yang berkaitan dengan pembinaan generasi muda di negeri ini. Namun optimisme harus terus dikobarkan, semangat terus dibangkitkan, dan tidak lain peran pemuda harus dimaksimalkan sekaligus dioptimalkan.

"Pandemi ini merupakan tantangan besar bagi kita semua tetapi juga merupakan peluang bagi awal yang baru," ucapnya membangun secercah harapan.

Dalam rangka terus membangun semangat dan menciptakan peluang baru untuk maju, kewirausahaan di kalangan pemuda menjadi sebuah solusi. Maka sebagai wujud nyata dorongan pemerintah, kewirausahaan pemuda menjadi salah satu dari lima prioritas Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam kurun waktu 2020-2024 yang akan datang.

"Ini bertujuan untuk memberdayakan pemuda agar menjadi kreatif, inovatif, mandiri dan berdaya saing dan kita harapkan bisa mempunyai jiwa kewirausahaan atau enterpreunership. Kementerian Pemuda dan Olahraga akan selalu mendukung dan memberikan akses yang lebih besar kepada usaha kecil menengah untuk mengembangkan usahanya," ucapnya lagi meyakinkan.

Halaman:

Editor: Hermansyah Terbit

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Dosen UBL Latih UMKM Lebak Taklukkan Covid

Selasa, 29 November 2022 | 16:00 WIB

BKKBN Edukasi Filipina Atasi Kasus Stunting

Selasa, 29 November 2022 | 09:10 WIB

YPPLP Gelar Wisuda Tahfidz dan Khatam Al-Qur’an

Senin, 28 November 2022 | 17:16 WIB
X