• Minggu, 25 September 2022

Sahabat Mulia Rasulullah

- Kamis, 25 Maret 2021 | 07:19 WIB

 

ABDULLAH Dzul Bajadain (artinya: yang memiliki dua potong kain), nama pemberian Rasulullah untuk seorang sahabat. Namanya yang sebenarnya Abdul Uza al Mazani,  berasal dari  kabilah Mazaniah  terletak di antara Mekah dan Madinah.

Sejak kecil Abdul Uza telah menjadi yatim piatu ditinggalkan kedua orangtuanya. Ia hidup senang tinggal bersama pamannya yang kaya raya tapi masih menyembah berhala.

Suatu ketika ia sedang melakukan perjalanan bertemu dengan para Muhajirin. Setelah berbincang ia menyatakan ingin masuk Islam. Pada setiap kali melihat ada rombongan sahabat berhijrah dari Mekah ke Madinah ia selalu meminta agar diperdengarkan satu ayat saja Al Qur’an karena ia ingin menghafalnya. 

Abdul Uzza akhirnya memeluk Islam, tak menghiraukan ancaman dari kalangan Quraisy yang masih menganut agama nenek moyangnya itu. Ia mengatakan akan ikut hijrah ke Madinah jika pamannya telah mendapat hidayah masuk Islam.

Sejak itu sampai 3 tahun kemudian ia masih bertahan di Mekah bersama pamannya namun ia tetap istiqomah secara diam-diam sembunyi-sembunyi agar tak diketahui orang lain menjalankan ibadah.

Setelah tak berhasil membujuk pamannya agar mengikuti ajaran Rasulullah maka Abdul Uza berterus terang dihadapan pamannya mengatakan telah masuk Islam. Betapa terkejut pamannya mendengar ucapan Abdul Uza.

”Kalau engkau mengabaikan semuanya selain Islam maka aku haramkan semua yang menjadi milikmu." Saking meluap amarahnya paman Abdul Uza menggunting baju yang melekat di tubuh Abdul Uza sehingga hampir seperti tak berpakaian lagi. Abdul Uzza pun pergi meninggalkan pamannya, setelah menemukan selembar kain dipakainya seperti kain ihrom maka ia  berangkat ikut hijrah ke Madinah.

Ia pun menemui Rasulullah menceriterakan semuanya tentang diri dan pamannya dan  menyatakan telah mengikuti Allah dan Rasulullah. “Mulai hari ini engkau bukanlah Abdul Uza, engkau adalah Abdullah Dzul Bajadain. Allah telah mengganti 2 kain itu dengan tempat tinggal dan kain di dalam surga, yang dapat engkau pakai kapan pun engkau suka dan dapat kau gunakan kapan pun engkau suka.”

Halaman:

Editor: yuli

Tags

Terkini

Gempa M6,4 Guncang Meulaboh Aceh

Sabtu, 24 September 2022 | 06:15 WIB

Gubernur Anies Relaunching RS Siloam Mampang

Minggu, 18 September 2022 | 23:08 WIB

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal

Minggu, 18 September 2022 | 12:49 WIB

Disindir AHY soal BLT, Mensos Risma Jawab Begini

Jumat, 16 September 2022 | 20:04 WIB

BSU Tahap 2 Dibagi Minggu Depan, Ini Syarat-syaratnya

Jumat, 16 September 2022 | 18:43 WIB

Enam Individu Satwa Liar Dilepasliarkan di Bungo

Jumat, 16 September 2022 | 17:08 WIB

Rekomendasi Susu Untuk Maksimal Atasi Tulang dan Sendi

Jumat, 16 September 2022 | 16:08 WIB

WHO: Akhir Pandemi Covid 19 Sudah di Depan Mata

Kamis, 15 September 2022 | 07:42 WIB

BPOM Temukan Kontaminasi BPA Air Kemasan di 6 Daerah

Rabu, 14 September 2022 | 08:29 WIB
X