Memulai Karir sebagai Penulis Skenario, Marcow Justru Sukses Jadi Youtuber

Romi
Memulai Karir sebagai Penulis Skenario, Marcow Justru Sukses Jadi Youtuber
Marco sang Youtuber/ ist

Jakarta, HanTer - Youtuber menjadi istilah paling populer untuk menyebut para pengguna youtube yang sering  membagikan konten video. Kini telah banyak Youtuber yang mendapat penghasilan hingga ratusan juta selama satu bulan hanya karena membagikan videonya. 

Salah satunya, Marcow yang memiliki nama asli Indra Purnama Setiawan ini mulai melejit namanya di Instagram pada pertengahan 2018 karena konten-kontennya yang kocak sebagai partner preman terkuat di bumi Maell Lee. 

Dengan mengusung genre action komedi, duet komedian itu bisa dibilang cukup melejit dan langsung disukai netizen.

Maell Lee yang berperan sebagai bos preman dengaan logat Medan yang kental, sedangkan Marcow sebagai anak buah preman satu-satunya yang memiliki karakter bodoh dan sering menjadi samsak korbannya Maell Lee. 

“Hal tersulit ketika menjadi seorang sidekick adalah biasanya tidak akan terlalu dikenal, tetapi berbeda dengan Marcow, dia memiliki karakter yang gampang dikenali seperti sering menggunakan topi terbalik, jarang mengenakan kaos, serta sering mengangkat ketiaknya," kata Marcow, di Jakarta, Senin (24/8/2020). 

Perjalanan duet antara Marcow dan Maell Lee tidak berjalan lama pada pertengahan tahun 2019, mereka berpisah dan Maell Lee tetap berada di bawah naungan management Anji (ex Drive).

"Perpisahan itu mungkin terjadi, semua bukan tentang materi belaka, tapi tentang perbedaan visi dan misi yang selalu bentrok dengan management," ujar Marcow. 

Marcow pun akhirnya memutuskan untuk bersolo karir dan berpisah dengan bosnya. Marcow dan Maell Lee memutuskan untuk tidak terlalu mengumbar perpisahan mereka demi menjaga nama baik satu sama lain. 

“Banyak penggemarnya bertanya-tanya kenapa kami berpisah karena setelah aku keluar, tidak ada lagi sosok Marcow di video-videonya Maell Lee," jelasnya. 

Berbagai asumsi pun keluar dari cuitan cuitan netizen yang menganggap Marcow seperti kacang lupa akan kulitnya, udah terkenal dia lupa sama yang mengangkat namanya. 

"Biarin aja netizen mau bilang apa, yang penting aku masih bisa terus berkarya, gak perlu lah ada klarifikasi segala, gak penting," kata Marcow. 

Sosok Marcow yang dia tampilkan ketika menjadi selebgram adalah sosok yang bodoh, penakut dan ceroboh dengan logat medannya. Tapi pada kenyataannya berbanding terbalik. 

Pria kelahiran Bandung 1987 kini memiliki dengan dua orang anak, awalnya penulis skenario dan konseptor program TV sejak tahun 2009. 

Sudah banyak program TV yang dia garap seperti Sketsa  TransTV, YKS Trans TV, Stasiun Cinta Trans TV, Bukan Sekedar Wayang NET TV,b Oplosan, Eyang Mami Van Mounelen, Epen Cupen The Series GLOBAL TV, Jinny Oh Jinny Datang Lagi  di ANTV, sedangkan di RCTI antara lain Tetangga Tapi Mantan, Komplek Pengabdi Istri. Dewan Fantasi, Alkisah (Alhamdulillah Kita Sahur) dan LOL di TRANS7, dan masih banyak lagi. 

"Aku juga pernah menulis layar lebar yang berjudul Molulo Jodoh Tak Bisa Dipaksa pada tahun 2017," tambah Marcow. 

Ternyata dibalik tingkah bodohnya di Instagram, marcow merupakan seorang yang cerdas.

"Lebih susah acting menjadi orang bodoh, daripada acting jadi orang pintar! Itu berlaku di kehidupan nyata juga," ujar Marcow. 

Semenjak Marcow pisah dengan Maell Lee, Marcow sempat kembali ke pekerjaan lamanya menjadi seorang penulis scenario dan tim kreatif, tapi itu tak lama, sekarang dia kembali lagi dengan tim barunya bersama konten creator asal Tangerang @karowparodi_ @eqydarmawan @awawawin dan @farukstresss. Mereka berkolaborasi membuat konten-konten komedi dan sempat viral dengan goyangan jametnya.

"Sekarang aku focus membuat youtubeku sendiri namanya MARKOCAK dan youtube bersama yaitu BECASUN yaaa gak jauh beda  isinya pasti tentang komedi," tutupnya.