Puluhan Job Melayang Akibat Covid-19, Richard Ricardo Tetap Bersyukur

romi
Puluhan Job Melayang Akibat Covid-19, Richard Ricardo Tetap Bersyukur
Richard Ricardo/ ist

Jakarta, HanTer – Akhirnya bintang film Richard Ricardo bisa bernapas lega kendati merasakan dampak besar akibat pandemi Covid-19. Pasalnya, pemain film 25 Hari di Eropa mengaku kehilangan 21 kontrak pekerjaan di dunia hiburan. Semua itu karena pembatalan acara di sejumlah tempat hiburan di Jakarta, Bandung, Surabaya dan Banjarmasin.

"Sekedar informasi, saya sendiri total dari bulan Maret sampai Mei ada kurang lebih 21 event batal dan 6 program syuting sebagai host di Youtube channel beberapa produk/flatform di postpone atau di undur entah sampai kapan," kata Richard Ricardo, Sabtu (25/4/2020).

Meski begitu, ia tetap bersyukur lantaran beban kreditnya tidak besar karena sudah melunasi pembiayaa  rumahnya. Maklum, jika rumah tersebut masih ada sangkutan, tentu bakal ditarik pihak bank. "Untungnya sebelum wabah corona datang, aku sudah bisa melunasi rumahnya," jelasnya.

Alhasil, melihat keadaan ekonomi yang belum jelas akibat terdampang wabah mematikan ini, dia terpaksa banting setir jualan kebutuhan dalam pencegahan penularan corona, seperti masker, hand sanitizer, alat-alat APD dan lain sebagainya.

"Sebagai pekerja event, kami hanya mengandalkan dari uang tabungan untuk bertahan hidup, berharap pemerintah memenuhi kebutuhan sembako juga," tambahnya.

Agar terhindar dari bahaya virus corona, pemain 'Sketsa' Trans TV ini melakukan isolasi mandiri dengan berdiam di rumah dan menjaga kesehatan. Ia pun memberi tips yang berguna bagi masyarakat.

"Perbanyak makan makanan bergizi seperti sayur dan buah-buahan dan makan harus rutin 1 hari 3 kali, ditambah wajib minum vitamin setiap hari, berjemur dan olahraga di rumah," paparnya.

Kalaupun hendak keluar rumah, artis kelahiran Bangka, Belitung, 1 April 1989 ini menggunakan alat pelindung diri. "Keluar hanya beli keperluan rumah seperti sembako vitamin dan lain-lain," kata dia.

"Semoga pasien positif corona cepat sembuh, segera ditemukan obatnya dan semua orang harus selalu menjaga kebersihan minimal untuk dirinya sendiri," harapnya.

Tak lupa, Richard mengapresiasi kinerja pemerintah yang memberikan bantuan kepada masyarakat tak mampu.

"Idealnya sih memang untuk kalangan bawah kalau bantuan dari pemerintah, jadi harus tepat sasaran. Saya juga berharap agar pemerintah memperhatikan para pekerja freelance yang ada di dunia hiburan, setidaknya ada bantuan atau bentuk support dari pemerintah karena teman-teman seprofesi saya semuanya mengeluh kasihan," tutup Richard.


 

#Richard   #Ricardo   #Job   #Melayang