Artis Cantik Galang Dana Wabah Corona Terkumpul Rp1,3 Miliar

Romi
Artis Cantik Galang Dana Wabah Corona Terkumpul Rp1,3 Miliar
Cathy Sharon

Jakarta, HanTer-- Tak disangka, hingga kini yang terjangkit wabah corona atau Covid-19 di Indonesia per Jumat (20/3), 369 orang. Sebanyak 32 orang di antaranya meninggal dunia, dan 17 orang dinyatakan sembuh.

Jelas, keadaan ini menjadi keprihatinan dan ketakutan banyak orang di manapun berada.

Nah, melihat kondisi tersebut sejumlah selebriti kondang tanah air merasa terpanggil untuk membantu meringankan beban mereka. Ada yang melakukan penggalangan dana untuk mendukung pekerja medis, ada pula yang menyumbang secara pribadi untuk penanggulangan corona. Sebut saja, Nikita Mirzani, Cathy Sharon, Maia Estianty dan Rachel Vennya.

Cathy Sharon justru punya cara khusus menggalang dana yang hasilnya digunakan untuk memberikan sarung tangan kepada pekerja medis di sejumlah rumah sakit di Jakarta dan Bekasi.

Kakak kandunng Julie Estelle itu mengajak masyarakat menyumbangkan dana. Angka yang dipatok pun tak banyak, hanya Rp8.000 untuk sepasang sarung tangan bagi pekerja medis.

"Sarung tangan merupakan alat ini vital dan harus sering diganti. Saat ini mereka tak bisa sering mengganti sarung tangan karena pasokan yang terbatas," kata Cathy Sharon, Jumat (20/3/2020).

Janda dua anak ini mengaku sengaja menyalurkan bantuan dalam bentuk sarung tangan medis bukan dalam uang tunai. "Intinya kami akan menyalurkan sarung tangan langsung, bukan berupa uang. Karena masalahnya, walaupun ada uang, sangat sulit untuk mendapatkan barangnya," terangnya.

Agar para penyumbang tak curiga, dia juga telah membagikan foto-foto bukti sumbangan sarung tangan yang telah dibagikan ke sejumlah rumah sakit melalui akun Instagram pribadinya. "Yuk kita bergandeng tangan, memberi sarung tangan untuk melindungi dokter dan perawat," imbuhnya.

Maia Estianty

Hal senada dilakukan penyanyi Maia Estianty yang ikut aktif galang dana atasi virus corona. Terbukti, melalui laman Instagram pribadinya, Maia Estianty mengajak kepada masyarakat Indonesia untuk menyumbang sebagian hartanya demi membantu penangangan virus yang bisa berhari-hari di tubuh manusia.

"Jika kalian ingin menyumbangkan dananya, walaupun sedikit, akan sangat bermanfaat buat umat," kata Maia.

Ibunda Al, El dan Dul ini juga membagikan link yang terhubung ke akun crowd funding Kitabisa, bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi memberikan sumbangan dananya. "Satu rupiah akan sangat berarti. Allah yang akan membalas. Bismillah doakan," imbuhnya.

Bahkan, Maia telah berhasil mengumpulkan lebih dari Rp100 juta meski penggalangan baru dibuka beberapa jam. Bukan itu saja, Maia mengaku donasi yang dibutuhkan sekitar Rp 1 miliar dengan rincian berupa pembagian alat perlindungan diri (APD) untuk rakyat dan tenaga medis.

Maia juga memperhatikan biaya pengobatan dan pemeriksaan COVID-19 untuk rakyat yang tidak mampu. Pengumpulan dana ini dibuka hingga tiga bulan  ke depan.

Rachel Vennya

Begitu pula selebgram cantik Rachel Vennya, yang mengajak orang-orang berdonasi untuk membantu melindungi orang-orang di sektor kesehatan dan informal dari COVID-19 yang tetap harus bekerja di tengah imbauan bekerja dari rumah.

"Coba bayangin juga orang-orang yang kerja di sektor informal. Contohnya, seorang ibu single parent yang dagang di pasar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Mereka gak bisa kerja dari rumah dan harus tetap mendapatkan penghasilan," ungkapnya.

Total dana yang dibutuhkan, menurut Rachel sekitar Rp2 miliar. Uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan diri lainnya untuk tenaga kesehatan di Rumah Sakit rujukan COVID-19.

Kemudian, menyediakan alat perlindungan diri untuk keluarga petugas kesehatan di rumah sakit rujukan COVID-19, membantu keseharian untuk pekerja sektor informal seperti ibu-ibu pedagang agar untuk sementara bisa beristirahat di rumah dalam bentuk alat sanitasi, masker dan hand sanitizer. Hingga kini dana yang terkumpul sekitar Rp1,3 miliar dengan total 36.032 orang yang berdonasi.

Rp100 Juta

Sedangkan, Nikita Mirzani punya cara jitu dalam merayakan ulang tahun dengan menyumbangkan uang pribadinya sebesar Rp100 juta untuk membantu mengurangi penyebaran COVID-19 di Indonesia. Dengan ikut andil menyumbang bencana nasional itu, ia berharap kasus yang menjadi pandemik tersebut segera berakhir.

"Jujur saja, Niki sedih karena virus corona sudah menyebar luas sampai ke Indonesia. Niki ada sedikit rezeki, Niki akan menyumbang Rp100 juta uang Niki pirbadi untuk membantu mudah-mudahan bisa mengurangi penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia," katanya.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) sudah menyatakan COVID-19 sebagai pandemik dengan total negara terdampak sekitar 167 negara dan total kasus 182.547 kasus.

Di Indonesia, jumlah pasien positif Virus Corona per Jumat (20/3), bertambah menjadi 369 orang. Sebanyak 32 orang di antaranya meninggal dunia, dan 17 orang dinyatakan sembuh.