Kasus Nikita Mirzani, Istri KDRT Kepada Suami Terbantahkan Perempuan Makhluk Lemah

safari
Kasus Nikita Mirzani, Istri KDRT Kepada Suami Terbantahkan Perempuan Makhluk Lemah
Nikita Mirzani/ ist

Jakarta, HanTer - Antropolog Universitas Indonesia (UI), Yophie Septiadi mengatakan, Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) tidak hanya melalui fisik, namun juga melalui verbal yang dapat mengakibatkan pasangannya menjadi dipemalukan, dihina, direndahkan, dan dinistakan.  

Suami pada umumnya - atau sepengetahuan umum - biasanya yang melakukan KDRT, karena dalam budaya, pernikahan itu adalah hubungan pelayanan. "Suami mencari uang merasa sepantasnya mendapatkan pelayanan yang ia harapkan dari istri," papar Yophie Septiadi mengomentari fenomena KDRT yang dilakukan pihak istri kepada suaminya, Selasa (4/2/2020).

Kasus terakhir diduga dilakukan artis Nikita Mirzani terhadap mantan suaminya Dipo Latief. Menurut Yophie, 
ada istri yang secara personal melakukan KDRT terhadap suami, biasanya pada masalah verbal. Namun belakangan ini, trend suami atau pacar (laki-laki) melapor ke polisi karena mendapatkan perlakuan KDRT dari istri atau pacar (perempuan).

Hal ini terjadi karena ada beberapa langkah dari pihak laki-laki yang "merasa" tidak ingin "terus" disalahkan jika ada kasus keributan (secara fisik) dalam rumah tangga.

"Oleh karena itu adanya istri yang KDRT terhadap suami maka 'pameo' perempuan adalah makhluk yang "lemah" menjadi terbantahkan," jelasnya.

Yophie memaparkan, saling lapor dan saling tuding korban KDRT adalah strategi masing-masing pihak untuk keluar dari jeratan hukum. Dunia hukum yang berpatokan kepada alat bukti juga dirasa sudah saatnya juga menggali permasalahan keluarga dari sisi budaya.

Diketahui Nikita Mirzani menjadi tersangka akibat kasus dugaan KDRT ke mantan suaminya Dipo Latief. Nikita Mirzani kemudian dijemput aparat Polres Metro Jakarta Selatan di bilangan Mampang, Jakarta Selatan, Jumat (31/1/2020) sekitar pukul 00.15 WIB dan ditahan di Rutan Jakarta Selatan. Namun sejak Senin (3/2/2020), status tahanan Nikita Mirzani diubah menjadi tahanan kota.

#Nikita   #KDRT   #Yophie   #Septiadi