Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir, Ade Irawan Alami Komplikasi Jantung dan Sakit Paru-paru 

Romi
Sebelum Menghembuskan Napas Terakhir, Ade Irawan Alami Komplikasi Jantung dan Sakit Paru-paru 

Jakarta, HanTer - Setelah berjuang cukup lama melawan penyakit yang dideritanya, artis kawakan Ade Irawan akhirnya meninggalkan kita. Ia menyusul sang anak, Ria Irawan yang lebih dulu meninggal dunia usai melawan kanker otak. Ironisnya, dalam waktu berdekatan, dua artis terkenal itu menghadap Sang Khalik.

Kabar duka kembali datang daru dunia hiburan Tanah Air, setelah sebelumnya pada 6 Januari 2020, Ria Irawan telah berpulang akibat penyakit kanker yang telah menyebar di tubuhnya, kini sang ibu yang merupakan aktris senior Ade Irawan meninggal dunia, pada Jumat (17/1/2020).

Jantung

Ade Irawan dikabarkan mengalami komplikasi jantung sebelum menghembuskan napas terakhir, pada Jumat (17/1) sore. "Memang penyakit tua ya. Usia kan hampir 83 tahun. Jadi, komplikasi jantung dan sudah pernah operasi juga," kata Adi Bambang Irawan, putra kedua Ade Irawan saat ditemui di rumah duka, Jakarta, Jumat.

Adi Bambang Irawan mengungkapkan bahwa sang bunda juga memiliki riwayat penyakit paru-paru. "Paru-paru juga udah terendam. Sama lah kejadian seperti Ria juga. Jadi sudah disedot dan tadi juga udah disedot lagi, sampai menghembuskan napas terakhir," kata dia.

Dia menambahkan mendiang sang bunda mulai masuk rumah sakit sejak dua hari lalu sebelum akhirnya meninggal dunia.

"Itu kejadiannya jam 02.20 pagi dan kebetulan adik langsung berangkatkan beliau ke RS. Tapi tadi setelah ditangani di RS udah ada gejala drop dan akhirnya meninggal dunia pukul 14.22 WIB," imbuhnya dilansir Antara.

Jenazah Ade Irawan disemayamkan di rumah duka yang berada di Jalan Anggrek Lestari Indah Blok N No. 11, kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Jenazah ibu mendiang Ria Irawan itu rencananya akan dimakamkan Sabtu (18/1) di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.Selatan

Beri Semangat

Dewi Irawan ketika ditemui usai pemakaman Ria, sempat menyampaikan jika Ade dan Ria sering saling memberikan semangat untuk bisa sehat dan kembali beraktivitas seperti biasa.  Bahkan, Dewi mendengar jika Ria dan ibunya sering berkata keduanya bisa melewati penyakit yang tengah diderita.

"Ya kalau ibu saya memang kemarin-kemarin kalau ngomong sama Ria juga, kita bisa, kita bisa. Saya juga kadang jadi bingung dia doanya apa, si Ria juga sempat bilang sudah ah sudah, capek, enggak bisa gue, tinggal merem aja selesai, sempat bilang gitu," kenang Dewi.

Pada saat itu juga Dewi sempat menyampaikan jika sang ibu belum juga membaik, kondisinya masih terbaring akibat penyakit yang dideritanya.  "Masih begitu, ya gitu kalau masih banyak lagi cairannya disedot lagi," katanya.

Seperti diketahui, semasa hidupnya, Ade ternyata cukup eksis di media sosial. Dia memamerkan beberapa momen penting dalam hidupnya di akun Instagram pribadinya. Dia juga mengunggah beberapa foto masa lalu.

Pemilik nama lengkap Arzia Dahar ini juga mewarnai beberapa film bersama mendiang Suzanna, seperti Nyi Blorong dan Perkawinan Nyi Blorong.  Ade juga memamerkan foto saat dia berziarah ke makam almarhum suaminya, Bambang Irawan yang meninggal pada 8 Oktober 1979 silam. 

Keinginan Terakhir

Adi Bambang Irawan, putra kedua mendiang Ade Irawan mengungkapkan keinginan terakhir sang bunda sebelum tutup usia pada Jumat sore.

Dia mengatakan ibunya ingin membacakan puisi pada acara tahlilan tujuh hari meninggalnya Ria Irawan beberapa waktu lalu.

"Tapi karena kondisi dia kurang fit enggak jadi. Padahal dia pengen banget, tapi kitanya juga yang lupa saat itu. Kan dia suka nulis puisi ya ke Presiden Jokowi dan lain-lain," kata Adi Bambang Irawan saat ditemui di rumah duka di Lebak Bulus, Jakarta, Jumat.

Sambil berurai air mata, Adi juga mengungkapkan keinginan sang bunda yang mau mencoba mengenakan rambut palsu.

"Dia tuh 'pengen nyobain' wig. Karena keartisannya kali ya, dia kangen. Jadi fantasi dia itu dia ingin cantik gitu, dia minta ambilin wig dan dandan sendiri," ucapnya.

Ade Irawan lahir pada 5 April 1937. Wanita yang memiliki nama asli Arzia Dahar adalah seorang aktris senior Indonesia.

Wanita berdarah Minang itu merupakan istri dari Bambang Irawan, aktor dan sutradara Indonesia.

Tiga dari lima anak mereka, Bambang Widya Permadi Irawan, Dewi Irawan, dan Ria Irawan mengikuti jejaknya di dunia film.