Lapor Polisi, KPI dan Ngadu ke Dewan Pers: Perseteruan Nikita Mirzani vs Elza Syarief Makin Heboh

Romi
Lapor Polisi, KPI dan Ngadu ke Dewan Pers: Perseteruan Nikita Mirzani vs Elza Syarief Makin Heboh

Jakarta, HanTer - Perseteruan antara artis dan lawyer sepertinya enak untuk disimak, terlebih yang terlibat dalam permasalahan ini ada banyak pihak. Pertama, antara Nikita Mirzani dan Elza Syarief yang kini justru menyeret nama lain, termasuk pengacara kondang Hotman Paris Hutapea dan Melanie Ricardo. 

Kedua, ada nama Kiki Potters mantan seteru Nikita Mirzani dan Tata Liem yang angkat bicara terkait perseteruan tersebut. 

Bahkan, Tata Liem yang dikenal sebagai pengelola manajemen artis menilai perseteruan tersebut berbau aroma settingan alias rekayasa untuk menaikkan popularitas. Namun, sepertinya anggapan tersebut masih prematur karena Elza Syarief sempat melaporkan masalah itu ke polisi dan Dewan Pers.

Di kepolisian, Elza telah melaporkan Nikita Mirzani terkait dugaan tindak penghinaan, fitnah, dan menyebar kebencian terkait insiden Nikita Mirzani melabrak dirinya saat menjadi bintang tamu dalam program Hotman Paris Show.

Nikita Mirzani melabrak Elza Syarief, yang merupakan pengacara mantan suaminya, Sajad Ukra. Dia geram lantaran beberapa pernyataan Elza Syarief dinilai membela Sajad Ukra. Sedangkan, di Dewan Pers, Elza Syarief mengadukan media yang membuat pemberitaan tidak benar ataupun memojokkannya.

"Intinya tujuan saya untuk melaporkan pemberitaan yang memojokkan saya, yang tidak benar, di situ juga akan dibicarakan tentang adakah pelanggaran kode etik jurnalistik," kata Elza di Dewan Pers, kawasan Kebon Sirih Jakarta Pusat, Jumat (6/9/2019).

Dikatakan Elza, sejauh ini banyak media membuat berita yang tidak benar setelah pelabrakan yang dilakukan Nikita Mirzani di sebuah acara yang dipandu Hotman Paris. Buntutnya, ia akan melaporkan media tersebut. 

"Kan dengan adanya tayangan itu banyak yang berkomentar membikin pemberitaan yang merugikan saya, yang tanpa konfirmasi kepada saya. Ini akan saya laporkan," terangnya. 

Bukan itu saja, Elza juga telah melaporkan program televisi yang dipandu Hotman Paris ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). Ia menyebut saat ini pihak stasiun televisi yang menayangkan acara tersebut juga sudah di-BAP.

"Kita tahu tayangan itu kan kewenangan dari KPI, dan kami udah lapor ke KPI. Informasi yang kami dapat iNews sudah di-BAP, sehingga mereka akan pleno lagi dan memberikan keputusan minggu depan," jelasnya.

Terkait laporan tersebut, Nikita Mirzani langsung bereaksi setelah dicurigai sebagai cepu alias informan polisi oleh, Elza Syarief. Terbukti, lewat akun Instagram miliknya, di pun menulis sebuah sindiran terhadap lawan seterunya itu

"Elcaa sarap lagi menggila. Segala gue dibilang cepu. Makin lucu. Makin gemes. Enak banget tuh kalau digiling pakai mesin penggiling daging," kata Nikita.

Diberitakan sebelumnya, Elza Syarief curiga Nikita Mirzani adalah seorang cepu alias informan polisi. Hal tersebut diungkapkannya di Bareskrim Mabes Polri, Jakarta, Selasa (3/9). 

"Katanya, saya enggak tahu benar apa enggaknya, katanya dia cepu (informan). Saya enggak tahu itu apa," kata Elza Syarief.

Atas dasar tersebut, Elza Syarief semakin curiga bahwa Nikita Mirzani juga kebal hukum. Sebab menurutnya, banyak laporan terhadap Nikita Mirzani yang kandas di tengah jalan. "Dia seakan-akan kalau dilaporin kandas. Dia kebal hukum," terangnya.

Kronologis Kejadian

Persoalan ini jelas menyeret nama Hotman Paris Hutapea. Ia pun membeberkan kejadian sebenarnya sebelum acara tersebut ditayangkan. Menurut pria berdarah Batak ini sebelumnya dia sudah bilang kepada Elza bahwa ada Nikita Mirzani.

"Gini lho, saya adalah host di sini dibayar. Setengah empat datang, saya baru tahu narasumbernya. Waktu saya tiba di sini, Elza sampai. Saya enggak tahu kalau bakal dia (bintang tamunya). Baru saya tanya produser dan memang Elza iya (bintang tamu)," kata Hotman.

Apalagi, produser program acara membenarkan bahwa Elza adalah bintang tamu. Ia juga mengatakan Nikita Mirzani akan menjadi lawannya.
"Saya yang ngomong ke Elza, itu katanya nanti lawan debat kamu Nikita, kalau bisa Elza pindah ruangan, jangan ruang tunggu yang sama," ucap Hotman.

Nah, saat syuting sudah berjalan tiba-tiba Nikita kesal dan bergejolak emosinya karena disebut sebagai tersangka oleh Elza. 

"Terakhir di pertengahan segmen, aku bilang cameraman, setop semuanya. Jangan lanjutkan lagi, jadi saya pahlawan malah," ungkap Hotman. 

Anehnya, sebagai pengacara Hotman mengaku tidak gentar dengan permasalahan itu jika namanya diseret ke permukaan. "Pokoknya kalau advokat siap, kenapa enggak dilawan kalau dia merasa terzalimi,” tambahnya.

Kiki The Potters 

Lama tak muncul, vokalis band The Potters angkat bicara terkait kisruh Nikita Mirzani dan Elsa Syarief. Kiki yang pernah berkonflik dengan ibu tiga anak itu mendadak muncul dan membela Elza Syarief. 

Buktinya, dalam kolom komentar sebuah postingan Instagram, Kiki menyebut bahwa level Elza dan Nikita berbeda. Ia memuji Elza sebagai pengacara hebat, sedangkan Nikita hanya wanita yang tak jelas asal-usulnya. 

Ia bahkan mengumpamakan Elza sebagai singa sementara Nikita sebagai ular. "Elza Syarief vs Nikita antara naga lawan cacing. Bu Elza yg kredibilitasnya sebagai senior lawyer tdk diragukan jam terbangnya and sangat terpandang di kalangan pejabat dan penegak hukum, melawan org yg tdk jelas pendidikan dan asal usulnya," tulis Kiki.  

"Sama2 perempuan, insyaAllah kita bakal lihat nanti ibarat singa yg banyak ilmu memakan ular betina," lanjut Kiki

Penyanyi 33 tahun itu agaknya masih menyimpan dendam kepada Nikita yang pernah terlibat masalah di masa lalu. Kiki pun mengimbau kepada netizen yang membela Nikita agar anak-anak mereka jangan sampai meniru kelakuan Nikita yang dianggapnya tak beretika. 

Tata Liem

Lain halnya dengan Tata Liem yang mempersoalkan perseteruan itu sebagai bentuk rekayasa alias settingan untuk mengangkat pamor.

Kendati demikian, pekerja seni yang kerap main dalam sejumlah film ini menyayangkan adegan pertengkaran Nikita Mirzani dan Elza Syarief itu masih terus saja ditayangkan.

Meski adegan pertengkaran itu tak layak ditonton, Tata Liem tetap memuji sosok yang terlibat dalam pertengkaran itu. Sosok Nikita Mirzani yang kerap berbicara frontal pun disebut Tata Liem sebagai sosok yang pintar dan apa adanya.

"Saya tidak menyalahkan Niki ya, karena saya tahu banget Niki salah satu artis yang pintar gitu loh,” katanya dalam sebuah unggahan kanal entertainmen. 

"Apa yang dia bicarakan memang sedikit frontal, sangat frontal bahkan ya, tapi itu betul, dan itu memang menggambarkan seorang Nikita Mirzani yang dia berbicara apa adanya gitu loh," ujar Tata Liem.

Sayangnya, bos manajemen artis ini melihat keberanian Nikita Mirzani sampai mengira pertengkaran itu hanyalah settingan atau rekayasa.