Semakin Ketat, Indonesian Television Awards (ITA) Tetapkan 12 Katagori Penghargaan

romi
Semakin Ketat, Indonesian Television Awards (ITA) Tetapkan 12 Katagori Penghargaan
Juri dan artis pengisi acara ITA/ ist

Jakarta, HanTer – Tak terasa. Memasuiki tahun keempat RCTI kembali menggelar Indonesian Television Awards (ITA) sebagai wujud dukungan dan apresiasi guna meningkatkan kreativitas dan perkembangan industri pertelevisian di Indonesia.

Uniknya, perhelatan ini semakin ketat dengan 12 kategori penghargaan, yang terdiri dari tujuh kategori program televisi dan lima kategori individu. Program dan individu yang berhak masuk menjadi nominasi ITA 2019 adalah program dan individu yang tayang di periode Juli 2018 hingga Juni 2019.

"Seperti kita ketahui, di balik media televisi, ada pihak-pihak yang patut diapresiasi karena karya maupun kerja keras mereka. Nah, untuk tahun ini ITA memberikan 12 penghargaan untuk kategori program televisi dan insan pertelevisian sebagai bentuk apresiasi kepada mereka," kata Project Leader ITA, Dini Putri di Hard Rock Cafe, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Penentuan nominasi dari kategori ITA 2019 berdasarkan survey top of mind pemirsa mengenai program televisi dan insan pertelevisian terpopuler dari semua saluran TV yang ada di Indonesia. 

Survei dilakukan lembaga independen Roy Morgan dengan wilayah cakupan survei lebih banyak dibandingkan survei kepemirsaan televisi lainnya, yaitu di 28 kota dari 17 propinsi dengan jumlah sampel mencapai 1.700 responden.

"Intinya kita buat ITA bukan berdasarkan rating tapi top of mind. Misal ditanya jam prime time suka nonton acara apa? Kita bukan berbasis program terbaik tapi kita pakai terpopuler. Program terpopuler itu orang menyukai karena secara suka bisa dari host-nya. Bukan jumlah yang jadi pedoman kita," terangnya.

Selain itu, Dini memastikan proses penilaian di Indonesian Television Awards harus dilakukan secara komprehensif. “Makanya, Indonesian Television Awards melibatkan berbagai pihak agar dapat memberikan proses penilaian yang adil dan akurat," tuturnya. 

Acara malam puncak Indonesian Television Awards akan digelar 24 September 2019 dan ditayangkan langsung RCTI dan MNCTV.

#ITA   #12   #Katagori   #Penghargaan