Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Artis Memprihatinkan

***
Penyalahgunaan Narkotika di Kalangan Artis Memprihatinkan
Artis yang juga komedian Nunung ditangkap polisi karena positif mengkonsumsi narkotika

Lagi artis terjerat kasus narkoba. Kali ini giliran komedian Nunung ditangkap Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya. Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengemukakan, Nunung ditangkap di Jakarta, Jumat, terkait sabu-sabu. Nunung ditangkap di rumahnya kawasan Tebet, Jakarta Selatan pada Jumat ini.
 
Sepanjang tahun 2018 hingga saat ini terdapat deretan nama artis yang tersandung masalah narkoba, mulai dari kelas pemakai hingga dianggap sebagai pengedar. Mereka antara lain Aktris Roro Fitria, aktor Fachri Albar, Jennifer Dunn, aktor Senior Tio Pakusadewo, Zulkifli alias Zul Zivilia, Steve Emmanuel.

Steve Emmanuel ditangkap di apartemennya atas kepemilikan kokain seberat 92,04 gram dari total 100 gram yang ia diselundupkan dari Belanda. Mantan kekasih Andi Soraya ini dituntut oleh Jaksa Penuntut Imum (JPU) dengan 13 tahun hukuman penjara, dan di vonis hakim 9 tahun penjara.

Steve ditangkap karena kepemilikan kokain seberat 92,04 gram di lobi apartemen Kintamani, Mampang Prapatan pada 21 Desember 2018.

Berjatuhannya artis terjerat barang terlarang itu semakin menunjukkan angka penyalahgunaan narkotika di kalangan artis sudah sangat memprihatinkan.

Sebelumnya, Ketua Umum Ikatan Manajer Artis Indonesia (Imarindo) Nanda Persada mengatakan, pihaknya dengan kepolisian membahas bahwa angka penyalahgunaan narkotika dan psikotropika di kalangan artis memprihatinkan. Terutama, yang memprihatinkan adalah masalah penyalahgunaan obat-obat psikotropika. 

Nada mengemukakan, banyak artis yang pakai obat karena ketidaktahuan. Mereka berpikir sekedar obat penenang untuk memudahkan tidur, untuk istirahat, karena mereka capek seharian kerja. Mungkin, ada informasi dari teman bahwa obat ini bukan narkoba, hanya buat istirahat atau obat tidur. Padahal, ini termasuk obat-obatan kategori psikotropika.

Tak hanya kalangan artis, siapa  saja bisa terjerat narkoba. Jika tidak membentengi diri  dengan baik tentu akan mudah menjadi pecandu barang haram itu.  Mulai dari orang miskin, orang kaya. Bisa pengusaha, pelajar, mahasiswa, penegak hukum, artis dan lainnya. 
 
Kasus Nunung  dan artis lainnya itu  semakin menujukkan bahwa begitu dekatnya  narkoba dengan popularitas seseorang. Seakan-akan narkoba bagian dari mereka-mereka yang memiliki popularitas tinggi di masyarakat. Juga semakin membuktikan narkoba sudah melibatkan berbagai kalangan.
 
Anwar Fuady, mantan Ketua Umum Persatuan Artis Sinetron (PARSI) mengatakan banyak artis terutama yang masih muda yang terjerat narkoba karena kebiasaan menikmati gemerlapnya dunia malam. Akibatnya, godaan untuk menikmati narkoba sangat kuat. 
 
Beberapa waktu lalu mantan Kepala Badan Narkotika Nasional Budi Waseso mengungkapkan narkoba menjadi ancaman serius bagi bangsa. Negeri ini menjadi pangsa terbesar di Asia. Kondisi tersebut sungguh memprihatinkan. 

Berbagai lapisan masyarakat mulai dari sipil, aparat penegak hukum juga sudah terkontaminasi oleh narkotika.  Jika ini terus terjadi, Indonesia menjadi generasi emas pada 2045 itu tidak akan terjadi. 
 
Untuk menyelamatkan generasi muda dan menjaga keutuhan NKRI, seluruh anak bangsa harus secara bersama-sama untuk mencegah beredar luasnya narkoba, dan mengantisipasi bahaya narkotika.  

Siapa saja bisa terjerat narkoba. Jika tidak membentengi diri dengan baik tentu akan mudah menjadi pecandu narkoba. Mulai dari orang miskin, orang kaya. Bisa pengusaha, pelajar, penegak hukum, artis dan lainnya.

Untuk menyelamatkan generasi muda dan menjaga keutuhan NKRI, seluruh anak bangsa harus secara bersama-sama untuk mencegah beredar luasnya narkoba, dan mengantisipasi bahaya narkotika.

Kita harus memenangkan perang melawan narkotika. Karenanya tindakan tegas harus dilakukan, jika tidak pemberantasan narkoba akan sulit dilakukan. Sebaliknya, jika kebijakan seperti itu diterapkan diyakini bandar dan pengguna narkoba di negeri tercinta ini akan menurun drastis.

#Artis   #narkoba   #polisi   #nunung