Aktor Tampan Robby Sugara Tutup Usia

Patricia: Papi Gak Sakit Terlihat Sangat Bahagia

Harian Terbit/Romi
Patricia: Papi Gak Sakit Terlihat Sangat Bahagia
Robby Sugara

Jakarta, HanTer -- Kabar duka menyelimuti dunia seni peran Indonesia. Aktor senior yang digemari kaum wanita karena akting dan ketampanannya, Robby Sugara, telah meninggalkan kita.

Pria bernama lengkap Robert Isaac Kaihena Sugara ini tutup usia di Jakarta, Kamis (13/6/201) dini hari, karena sakit jantung.

Sebelum menghembuskan nafas terakhir pada Kamis, 13 Juni 2019 pukul 00.10 WIB, Robby Sugara sempat berkumpul dengan keluarga besar. Karena kepergian mendadak aktor veteran ini, dia tidak sempat meninggalkan pesan untuk istri, anak, serta cucu-cucunya.

Tapi sebulan yang lalu, ia mengalami serangan jantung pertama dan berhasil diselematkan. Kala itu, pihak rumah sakit tidak memberikan diagnosa bahwa bintang film Garuda Superhero itu mengidap penyakit jantung.

Sebelum kepergiannya, Robby dan keluarga berkunjung ke rumah anak sulungnya. Menurut anak keempat Robby, Patricia, sang ayah terlihat bahagia. Tidak ada tanda-tanda bahwa momen kebersamaan itu menjadi yang terakhir kalinya.

“Papih ini enggak sakit. Maksudnya awal-awal tuh enggak sakit. Siang tuh ketawa-ketawa, cerita-cerita di rumah kakak, sehat bugar. Tiba-tiba tuh jam 11 (malam) itu mulai muntah-muntah. Langsung sesak nafas. Kita larikan ke UGD tapi ternyata enggak berhasil,” kata wanita bernama lengkap Patricia Grace itu.

Robby dilarikan ke rumah sakit Adhyaksa, Jakarta Timur. Tapi sayang, ia tidak sempat mendapat penanganan dari dokter karena meninggal saat perjalanan.

“Dari rumah kakak, enggak sempet ada penanganan. Serangannya di rumah kakak tapi penanganannya itu enggak sempat ditangani, meninggal di perjalanan,” ujar Juan Bernard, anak bungsu Robby.

TPU Pondok Ranggon

Kabar duka tersebut dibenarnya oleh Ferdinan, menantu Robby Sugara. Menurutnya, jenazah aktor yang lahir pada 20 Juli 1950 itu, saat ini disemayamkan di rumah duka RS UKI, Jakarta Timur. "Karena sakit jantung, tadi malam wafat jam 12 malam," kata Ferdinan.

Ferdinan yang merupakan suami dari anak pertama Robby, Ella Inggrid, menuturkan sang mertua sedang berada di tempatnya saat terkena serangan jantung.

Sang aktor segera dibawa ke RS Adhyaksa, Jakarta Timur, namun keadaannya sudah kritis. Aktor keturunan Jawa, Ambon dan Belanda itu menghembuskan napas terakhir di sana, lalu dibawa ke rumah duka RS UKI.

Rencananya, mendiang Robby Sugara akan dikuburkan di Tempat Pemakaman Umum Pondok Ranggon, Jakarta Timur, Jumat.

Menurut Ferdinan, mertuanya tidak memiliki riwayat penyakit jantung, namun pernah mengalami stroke ringan dan mengidap penyakit gula.

Robby aktif berkarir di dunia perfilman Indonesia sejak periode 1970-an. Film-film yang dibintanginya di antaranya "Wajah Tiga Perempuan", "Ratapan Anak Tiri II", "Ke Ujung Dunia" pada era 70-an dan 80-an hingga "Garuda Superhero" (2015), "Terjebak Nostalgia" (2016), "3 Dara 2" dan film terbaru "Jangan Sendirian".